Luar Biasa, Sumber Air Panas Menawan Dengan Dinding Seputih Susu

Foto: www.thisiscrisp.net
Tahukah anda, salah satu situs warisan dunia terdapat di Turki, yaitu Pamukkale. Menakjubkan dan mengagumkan, dua kata yang sangat erat dan tak pernah lepas dengan sebuah situs warisan dunia. Begitu juga dengan Pamukkale, keindahannya yang luar biasa membuat anda sulit untuk tidak berkata 'wow' ketika melihatnya. Penasaran dengan Pamukkale?

Pamukkale (yang berarti "benteng kapas" dalam bahasa Turki) adalah sebuah Situs Warisan Dunia yang berupa kolam sumber air panas dan travertine di lereng bukit daerah Denizli, Turki.
Foto: onebigphoto.com
Tak seperti sumber air panas pada umumnya, Pamukkale memiliki keunikan tersendiri. Airnya yang berwarna hijau kebiru-biruan atau toska memiliki kandungan mineral kalsium karbonat. Ketika mengalir air itu meninggalkan kalsium karbonatnya, sehingga mengendap dan membentuk lapisan dinding seputih susu yang menawan. Dari kejauhan nampak seperti dinding terbuat dari lilin putih yang meleleh.

Dulu kota Bizantium dan Hierapolis kerajaan Yunani-Romawi kuno dibangun di atas "benteng putih" tersebut yang secara keseluruhan panjangnya sekitar 2.700 m (8,860 kaki), lebar 600 m (1,970 kaki) dan tinggi 160 m (525 kaki). Situs bangunan kuno peninggalan Yunani-Romawi yang ada di sana bagian setengahnya terkubur oleh endapan kalsium karbonat selama ribuan tahun.

Image Credit Flickr User Alaskan Dude
Image Credit Flickr User Tanya K
Pada pertengahan abad ke-20, sebelum situs itu dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia kendaraan diizinkan naik-turun bukit di area Pamukkale. Hotel-hotel dibangun di atas sisa-sisa reruntuhan kota Hierapolis.

Namun setelah resmi menjadi Situs Warisan Dunia kendaraan dilarang melalui bukit sekitar Pamukkale dan hotel-hotel dibongkar untuk memulihkan pesona keindahan situs tersebut. Bagi para turis yang berkunjung ke sana diperbolehkan mandi di kolam travertine dengan aturan tidak diperbolehkan memakai sepatu karena dapat merusak endapan kalsium karbonat.

Foto: www.thisiscrisp.net
Foto: www.thisiscrisp.net

Foto: www.diariotierra.com
Foto: tripandtravelblog.com
Foto: www.onenationtravel.com
Foto: hqwide

15 Komentar

  1. IONQQ
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    pin bb: 58ab14f5

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak