Cahaya Misterius dalam Hutan, Mungkinkah Hantu atau Alien?

Pernahkah anda berpetualang pergi ke dalam hutan malam hari? Jika belum pernah, maka jangan kaget bila anda mencoba melakukannya tak jarang anda bakal menemui kejanggalan seperti ini.

Di dalam hutan nampak kelap-kelip cahaya misterius berwarna kehijauan. Tak sedikit orang yang pernah melihatnya merasa kaget bahkan ketakutan. Apakah itu hantu penunggu hutan? atau mungkin alien?


Tapi ternyata bukan, itu bukanlah alien ataupun hantu melainkan itulah yang disebut 'bioluminescence', yaitu emisi cahaya yang dihasilkan oleh makhluk hidup melalui reaksi kimia tertentu yang ada dalam tubuhnya. Makhluk hidup yang mempunyai bioluminescence mampu bercahaya dalam gelap. Warna cahaya alami ini beragam, tapi kebanyakan berwarna hijau dan biru.


Source: Deviant Art
Hanya makhluk hidup tertentu yang memiliki bioluminescence, telah ditemukan secara alami terdapat pada jamur, bakteri, dan organisme di perairan, namun tidak ditemukan pada tanaman berbunga, hewan vertebrata terestrial, amfibi, dan mamalia.

Mengenai fungsinya, bioluminesensi yang dihasilkan oleh hewan pada umumnya digunakan sebagai sinyal kawin, predasi, dan perlindungan atau menakuti mangsanya. Sedangkan pada hewan sejenis mikroba belum diketahui manfaatnya.

Salah satu contoh pemilik cahaya unik ini adalah jamur. Jamur ini dikenal dengan istilah 'Foxfire', sejenis jamur yang biasanya tumbuh pada kayu yang membusuk. Keragaman jamur ini banyak ditemukan di daerah tropis yang memiliki hutan lembab.


Source: The Best How-To
Cahaya alami yang dihasilkan foxfire cukup terang dan mengagumkan. Bahkan ada yang mengatakan cahaya foxfire cukup untuk membuat anda bisa membaca buku di gelapnya malam.

Perlu diketahui, cahaya yang dihasilkan hewan-hewan bioluminescence ini sama sekali tidak menghasilkan panas, orang sering menyebutnya cahaya dingin. Tak seperti lampu-lampu listrik yang kita gunakan cahayanya menghasilkan panas.

Selain jamur jenis foxfire, masih banyak hewan lain yang ditemukan memiliki bioluminesensi seperti kalajengking, kunang-kunang, plankton, ubur-ubur, alga, bakteri, dan lain sebagainya.


Source: WordPress
Source: National Geographic
Source: Cornell University

5 Komentar

  1. Tks, Bukti kebesaran Tuhan Allah An Nur / Maha Bercahaya

    BalasHapus
  2. Ternyata setiap yg dpt dilihat, didengar & dirasakan, semuanya dpt dimaknai sbg proses pembelajaran bagi akal qt dpm upaya makin mendekat kpd yg Maha Pencipta & Maha 99

    BalasHapus
  3. wahh..!!! mirip difilm Avatar ya.., keren2 bisa nyala

    BalasHapus
  4. unik sekali dan sangat indah, melihat jamur bercahaya seperti itu, teringat akan film avatar..

    BalasHapus
  5. yuk gabung bersama kami di ^ionQQ^com
    menangkan hadiah'nya hingga jutaan rupiah
    tunggu apalagi guys, yuk daftarkan segera diri anda sebelum terlambat..
    pin BB : 58ab14f5

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak