Dijamin Takjub, Keindahan Kolam Alami Seputih Lilin Menyusuri Pegunungan

Bila Turki punya 'Pamukkale', China punya 'Huanglong'. Itulah kiranya gambaran pesona keindahan alam yang mana keduanya sangat mirip. Di China terdapat fenomena alam unik menyerupai Pamukkale yang ada di Turki, yakni "Huanglong". Sebuah kolam-kolam kecil yang tersusun dari mineral kalsium karbonat menawan seputih lilin dan dialiri air yang tak kalah mempesona berwarna hijau kebiru-biruan (toska).
Image source: When on Earth
Letaknya berada di Provinsi Sichuan, China. Huanglong adalah lembah sepanjang 3,6 kilometer yang memiliki kolam-kolam kecil berlapis mineral kalsium berkarbonasi. Saat siang hari di bawah sinar matahari, kolam-kolam yang dialiri air itu terlihat kuning berkilau bagaikan emas. Itulah kenapa ia disebut dengan Huanglong yang artinya Naga Kuning. Bila dilihat dari atas kolam-kolam kecil yang tepiannya berwarna kuning itu nampak seperti sisik kulit naga yang menyusuri area sepanjang hutan dan gunung.
Image source: Amusing Planet
Keindahannya tak berhenti sampai di situ, masih ada pegunungan bersalju di sekelilingnya, air terjun, sumber air panas, serta dihuni oleh hewan-hewan langka seperti panda raksasa dan monyet emas berhidung pesek.
Image source: Amusing Planet
Lembah Huanglong terbentuk secara alami oleh revolusi geologis yang terjadi sejak ribuan tahun lalu yang diakibatkan adanya pembentukan deposit mineral kalsium yang terkarbonasi. Serta ditumbuhi ganggang dan bakteri yang subur berkembang biak di kolam sehingga membuatnya semakin indah bertabur warna, seperti kuning, hijau, dan biru.

Lebih lanjut, pada tahun 1992, pesona keindahan alam yang luar biasa itu membuat Huanglong masuk dalam situs warisan dunia UNESCO.

Image source: Amusing Planet
Image source: Amusing Planet
Image source: Amusing Planet
Image source: When on Earth
Image source: When on Earth
Image source: When on Earth

4 Komentar

  1. IONQQ
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    pin bb: 58ab14f5

    BalasHapus
  2. AJOQQ menyediakan 8 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak