Mengagumkan, Formasi Bebatuan Alam Berbentuk Garis Bergerigi

Selain pilar batu basal yang menjulang tinggi di tepi laut, masih ada lagi fenomena alam yang tak kalah mengagumkan di Negeri Matador, yakni "Flysch". Fenomena alam apakah itu? Flysch adalah sebuah formasi bebatuan alam yang membentuk garis-garis bergerigi terhampar di tepi laut. Sebagiannya di selimuti hijaunya lumut yang membuatnya  semakin menawan.
Kota Zumaia, di sepanjang pesisir Basque, Spanyol Utara, terdapat dua pantai yakni Itzurun dan Santiago, di sanalah fenomena alam tersebut berada. Luar biasa panjang serta menjulang, panjangnya kurang lebih sekitar 8 kilometer ke arah timur dan ke arah barat dari kota Zumaia.

Flysch merupakan formasi bebatuan alam yang terbentuk selama lebih dari 100 juta tahun. Sebagai hasil dari terjangan gelombang terhadap tebing bebatuan selama kurun waktu yang panjang. sehingga terbentuklah formasi bebatuan unik seperti yang terlihat sekarang.
Flysch tersusun dari lapisan bebatuan kapur dan pasir, serta lapisan lunak seperti tanah liat dan lempung.

Lebih lanjut, selain Flysch kota Zumaia juga menjadi tujuan wisata populer di Negeri Matador yang menawarkan banyak hiburan, seperti surfing, scuba diving, memancing, mengamati burung, dan lain sebagainya.





Source: When on Earth

3 Komentar


  1. Bosan main poker sama ROBOT? Kapan menangnya?
    Mari bergabung bersama kami di IONQQ'NET , main poker tanpa Robot 100% player vs player,,,
    Add bbm kami *58ab14f5*

    BalasHapus
  2. AJOQQ menyediakan 8 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak