Percayakah Anda, Ada Pulau di Dalam Sebuah Pulau

Melihat judul di atas mungkin sedikit membingungkan. Bagaimana bisa ada pulau di dalam sebuah pulau. Seolah seperti imajinasi belaka, tapi tidak demikian untuk pulau yang satu ini. Ini nyata, pulau ini memang berada di dalam pulau, yakni pulau 'Vulcan Point' yang terletak di pulau Luzon, Filipina.

Terlebih dahulu mari kita lihat dalam peta. Nampak dalam peta pulau Luzon terdapat sebuah danau yang disebut 'Danau Taal'. Di tengah danau Taal terdapat pulau besar yang juga memiliki danau. Jika diperbesar (zoom) peta menunjukkan di tengah danaunya ada titik kecil nyaris tak terlihat yang ternyata memang benar masih ada pulau lagi.

Lebih lanjut, pulau besar di tengah danau Taal itu merupakan sebuah gunung berapi yaitu 'Taal Volcano'. Gunung tersebut merupakan gunung berapi yang paling aktif kedua di Filipina dan bagian dari Pasifik "Ring of Fire". Sejarah mencatat Taal Volcano telah meletus sebanyak 33 kali.

Image source: Viralnova
Image source: Viralnova
Taal Volcano memiliki danau kawah yang terbentuk ribuan tahun lalu yang mana dikenal dengan sebutan kaldera. Uniknya, di dalam danau kawah itu terdapat pulau kecil yang disebut Vulcan Point dimana merupakan salah satu bagian kecil dari daratan puncak gunung Taal Volcano yang masih tersisa.
Image source: Viralnova
Image source: Viralnova

3 Komentar

  1. kok bisa ya ada pulau di dalam sebuah pulau, unik sekali..

    BalasHapus
  2. Bosan main poker sama ROBOT? Kapan menangnya?
    Mari bergabung bersama kami di IONQQ'NET , main poker tanpa Robot 100% player vs player,,,
    Add bbm kami *58ab14f5*

    BalasHapus
  3. AJOQQ menyediakan 8 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak