Indonesia Punya Kolak, Ini Dia Makanan Khas Buka Puasa di Negara Lain

Soal hidangan khas menemani buka puasa di Indonesia, jangan tanya lagi. Pastinya kebanyakan orang akan mengatakan "kolak". Hidangan yang biasanya terdiri dari pisang, ubi, singkong, atau lainnya serta dicampur dengan kuah berbahan santan dan gula.

Kolak memang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia saat buka puasa di bulan Ramadhan. Tapi jangan salah, ternyata di beberapa negara lain juga miliki tradisi serupa yang tentunya dengan hidangan yang berbeda, penasaran? 

Berikut ini adalah makanan-makanan khas buka puasa di negara lain :
 
kolak menu khas Indonesia
Image source: Berita Unik
Pide (Turki)

Image source: Berita Unik
Di Turki makanan khas yang paling favorit saat bulan Ramadhan yakni 'pide'. Sejenis roti panggang yang sering dijuluki pizza-nya Turki. Pide sangat spesial dimanahanya dijual selama bulan Ramadhan di sana. Dan biasanya sebagai makanan pencuci mulut menemani pide adalah 'gullac', yakni semacam puding yang terbuat dari air mawar.

Image source: Apa Kabar Dunia

Mansaf dan Qatayef (Yordania)

Image source: Apa Kabar Dunia
Rasanya kurang lengkap bila menu berbuka tanpa 'mansaf' atau 'qatayef'. Dua makanan itu menjadi menu favorit untuk berbuka puasa di Yordania. Mansaf, daging domba yang dibumbui rempah-rempah serta disajikan bersama nasi kuning. Kemudian juga sering dijumpai 'qatayef'. Sejenis kue serabi dengan kayu manis yang berisi kenari dan gula.

Image source: Berita Unik

Hyderabad Haleem (India)

Image source: Apa Kabar Dunia
Di India, Islam merupakan agama terbesar kedua setelah Hindu. Di daerah-daerah tertentu saat bulan Ramadhan miliki makanan favorit untuk menemani buka puasa. Salah satunya di daerah Hyderabad, dengan menu favorit 'Hyderabadi Haleem'. Sejenis bubur gandum dengan citarasa yang pedas, gurih, dan biasanya disajikan dengan potongan daging domba.

Samosa (Pakistan)


Image source: Apa Kabar Dunia
Jika Anda ada di Pakistan saat bulan Ramadhan, makanan favorit yang ramai akan Anda temui yaitu 'samosa'. Samosa mirip dengan pangsit goreng berbentuk segitiga, dengan rasa khasnya yang pedas.

Medames (Mesir)


Image source: Berita Unik
Saat bulan Ramadhan, umat Muslim di Mesir sangat akrab dengan hidangan yang bernama 'medames' untuk menu buka puasa. Medames adalah hidangan yang terbuat dari kacang fava.

Di antara menu makanan khas untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan di atas, makanan dari negara manakah yang pernah Anda coba?

4 Komentar

  1. makanan khas buka puasa di berbagai negara memiliki khas masing-masing, seperti di indonesia yang khas dengan kolak..

    BalasHapus
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    BalasHapus
  3. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14

    BalasHapus

  4. ION^Q^Q menghadirkan permainan paling menarik
    Anda bisa menikmati permainan Poker & Domino bersama kami
    Untuk info lebih lanjut Add bbm kami *58ab14f5*

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak