Jangan Salah, Ternyata Asal Mula Sayuran ini Tak Berwarna Oranye

Semua orang dan mungkin juga termasuk Anda bila ditanya soal sayuran apakah yang berwarna oranye, sudah bisa dipastikan jawaban yang akan keluar kemungkinan besar tidak jauh dari sayuran bernama wortel. Ya, mungkin jawaban itu dianggap benar mengingat pada umumnya wortel yang sering dijumpai memang miliki warna oranye.

Namun tahukah Anda, pada mulanya warna asli wortel ternyata bukan oranye, lho. Lalu apa yang membuat sayur ini di Indonesia lebih dikenal berwarna oranye?

Laman FoodBeast melansir bahwa awal mula warna wortel menjadi oranye adalah karena rekayasa manusia. Hasil rekayasa genetik itulah yang kini dikembangkan bahkan lebih luas dibanding tanaman wortel yang asli.

Image source: kabardunia.com

Wortel yang asli telah dikonsumsi sejak ribuan tahun lalu, berasal dari wilayah Timur Tengah dan disebarkan ke Eropa pada abad pertengahan. Warna tanaman umbi ini adalah putih serta ungu. Namun kini wortel putih dan wortel ungu malah dianggap tanaman jenis baru, padahal itu malah asal muasal warna asli wortel.

Pada abad ke-17, oranye merupakan warna kesukaan dari William I, salah satu bangsawan dari Belanda. Ia bahkan dijuluki Pangeran Oranye karena begitu favorit dengan warna oranye.
Image source: Sidomi
Ia pun lantas mendirikan House of Orange-Nassau, yang merupakan perkumpulan penyuka warna oranye. Mereka pun melakukan percobaan menyilangkan varietas beberapa jenis tanaman agar menjadi varietas baru yang berwarna baru.

Wortel putih yang disilangkan dengan wortel ungu, menghasilkan warna oranye yang cantik sekali. Ia pun akhirnya mengembangkan varietas baru itu, sehingga lebih disukai oleh orang-orang di berbagai penjuru dunia. 
Source: Sidomi

6 Komentar

  1. terimakasih informasinya, sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  2. wah ternyata sayuran wortel bukan hanya warna orange ya gan, ada juga warna lain..

    BalasHapus
  3. saya baru tahu lho kalau warna wortel itu bermacam macam ,,

    BalasHapus
  4. AJOQQ menyediakan 8 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    BalasHapus
  5. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :) :* :*

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak