10 Bangunan Mencengangkan yang Diukir dari Batu

Gunung-Kawi
"Rock out architecture" adalah seni arsitektur yang unik, yaitu membuat bangunan dengan cara mengukirnya langsung dari batuan, misalnya di bukit, lembah, gunung, bahkan tebing. Umumnya bangunan ini dibuat dari gua yang diukir. Nah, terbayang dong betapa sulitnya teknik tersebut? Yang lebih hebat lagi, nenek moyang manusia sudah melakukannya sejak zaman dahulu kala dan beberapa hasilnya bahkan memiliki tingkat kerumitan yang sangat tinggi. Karena susahnya membuat karya seni ini, hanya ditemukan sedikit rock-out architecture di dunia ini. Berikut ini adalah 10 bangunan hasil “rock-out architecture” yang paling mengagumkan dari seluruh penjuru dunia.
 
1. Petra (Yordania)
Treasury-Petra-Jordan
Bangunan menakjubkan ini memang layak menyandang gelar sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia yang baru. Bangunan yang terletak di tanah Arab ini diukir pada lereng Gunung Hor yang terdapat di lembah Wadi Araba. Dulunya, Petra adalah ibukota kerajaan Nabatea yang mencicipi kemakmuran di kala Jalur Sutra tengah berjaya. Bangunan ini sempat hilang dalam sejarah sebelum ditemukan kembali pada 1812. Tentunya kita lebih Petra lewat film “Transformers 2: Revenge of The Fallen” yang mengambil lokasi syuting di sini. 
 
2. Kuil Abu Simbel (Mesir)
abusimbel1
Kuil peninggalan Dinasti Mesir ini terletak di Nubia, sebuah kota di perbatasan Mesir-Sudan, sekitar 300 km dari kota Aswan. Kuil kembar ini diukir pada lereng sebuah gunung sekitar abad ke-13 SM atas perintah Raja Ramses II dan istrinya, Nefertiri. Kuil ini terkenal akan fasadnya berupa empat patung raksasa. Uniknya, pada tahun 1964, keseluruhan kuil ini terpaksa direlokasi dari lokasi aslinya ke tempatnya berdiri sekarang karena pembangunan bendungan Aswan. Lokasi yang baru berjarak 200 m dan 65 m lebih tinggi dari lokasi aslinya agar tidak terendam air. 
 
3. Dragon’s Gate Grottoes (Cina)
Gua ini merupakan bukti kedahsyatan teknik seni bangsa Cina kuno. Dragon’s Gate Grotto atau lebih dikenal dengan nama lokal Longmen Caves ini merupakan ukiran raksasa sekitar 10.000 patung Buddha yang diukir pada tebing-tebing di pegunungan Xiangshan dan Longmenshan. Pembangunan karya seni ini dimulai sejak abad ke-6 dan mengalami puncaknya pada pemerintahan Dinasti Tang. Tercatat ukiran patung Buddha terbesar di sini mencapai tinggi 17 m. 
 
4. Cappadocia (Turki)
cappadocia
Cappadocia adalah sebuah pemukiman bersejarah yang terdapat di daratan Anatolia di Turki. Uniknya, rumah-rumah yang terdapat di sana diukir di tebing-tebing dan gunung-gunung. Pada tahun 2011, lokasi ini menjadi tempat syuting Ghost Rider 2. 
 
5. Meza Verde (Amerika Serikat)
Mesa Verde adalah pemukiman suku Indian yang terletak di Montezuma County, Colorado. Uniknya, rumah-rumah di kompleks ini dibangun sekitar tahun 1190 dengan cara mengukirnya dari tebing batu sehingga sering disebut Cliff Palace.  
 
6. Lycian Tombs
Makam Lycian atau Lycian Tombs terletak dekat Dalyan, Turki diukir tepat pada tebing dan dibuat oleh suku Lycian, yang merupakan sekutu Troya ketika Perang Troya. 
 
7. Ellora (India)
565px-Ellora_Kailash_temple_overview
Ellora merupakan salah satu mahakarya bangsa India. Lokasi ini sebenarnya adalah 34 kuil yang diukir dengan sangat rumit dari sebuah bukit bernama Charanandri. Uniknya, 34 kuil itu berasal dari 3 agama yang berbeda, yaitu 12 kuil Buddha, 17 kuil Hindu, dan 5 kuil Jainisme. Hal ini tentu membuktikan kuatnya toleransi antarumat beragama saat itu. Situs ini diperkirakan dibuat pada abad ke-5 hingga abad ke-10. Bagian terbesar dari situs ini adalah Kuil Kailash yang didedikasikan bagi Dewa Siwa. Kuil ini diukir pada sebuah batu tunggal dan yang menakjubkan, luasnya sekitar 2 kali luas Kuil Parthenon di Yunani!
aurangabad-4
ajanta-ellora-1
c02s01i10
 
8. Lalibela (Ethiopia)
rock-hewn churches of Lalibela
Bangunan ini sering disebut sebagai bangunan monolitik sebab diukir hanya dari sebuah batu besar. Gereja yang memiliki nama asli Gereja St. Goerge ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Lalibela pada abad ke-12. Gereja unik ini kini sudah menjadi salah satu Warisan Dunia UNESCO. 
 
9. Meteora (Yunani)
interesting_places_monastery_of_the_holy_trinity_meteora_greece2
Meteora adalah sebuah biara Kristen Ortodoks yang dibuat di lokasi yang membuat kita tercengang, yaitu di puncak sebuah pilar batu. Awalnya, sekelompok biarawan sengaja datang ke lokasi ini untuk menyepi. Mereka sengaja tinggal di gua-gua yang terdapat di menara-menara batu agar lebih mendapat ketenangan. Biara itu terus-menerus dperbaharui hingga bentuknya yang sekarang. Konon dahulu biara ini benar-benar tertutup dan satu-satunya jalan untuk naik maupun turun hanyalah dengan tangga tali yang dijulurkan dari atas. Namun kini dibuat jalan setapak (yang juga dikuir dari batu) untuk menghubungkannya dengan lembah terdekat. 
 
10. Candi Gunung Kawi (Indonesia)
gunung-kawi-temple-ubud-bali
Rasanya nggak mungkin dong bangsa sebesar Indonesia tidak mampu rock out architecture seperti bangsa-bangsa luar? Nah, tak kalah dengan list-list di atas, di Bali terdapat Candi Gunung Kawi yang dipahat dari sebuah tebing. Candi ini tak hanya bagian luarnya saja lho yang dipahat, melainkan di dalamnya juga terdapat ruang untuk bermeditasi. Candi ini dibangun oleh raja Udayana dan hingga kini masih menjadi tempat peribadatan bagi umat Hindu di Bali. 
 
sumber : http://mengakubackpacker.blogspot.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak