Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Buah Apel

Hati-hati buah Apel yang dapat menghancurkan gigi
Keberadaan buah apel sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Tanaman ini dibudidayakan untuk pertama kalinya sebagai tanaman konsumsi oleh masyarakat Asia Barat. Kemudian tanaman ini, oleh para kolonis dibawa masuk ke benua Maerika pada abad ke-17. Sejak saat itu, pohon apel berkembang pesat ke berbagai belahan dunia, terutama di daerah yang berhawa dingin dan sejuk. Bahkan, sekarang buah ini sudah menjadi makanan penting, khususnya di dataran Asia, Eropa, Argentina, dan Amerika Serikat.
 
Pohon apeldengan nama latin Malus domestica ini sangant bermanfaat bagi manusia. Menurut hasil penelitian dari King’s College London Dental Institute, buah apel mampu mengkal berbagai macam penyakit, tetapi jika dikomsumsi secara berlebihan, justru menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan gigi, bahkan risikonya jauh lebih tinggi dan lebih berbahaya jika dibandingkan dengan minuman bersoda.
 
Pasti kita akan bertanya-tanya kenapa buah apel tidak baik bila dikomsumsi secara berlebihan? Ternyata buah apel mengandung gula yang sebanding dengan empat sedok teh gula pasir, serta mangandung zat asam yang mampu meningkatkan tingkat keasaman mulut. Ternyata, bukan hanya apel yang memiliki kandungan zat asam dan kadar gula yang dapat berbahaya bagi kesehatan gigi, buah-buahan lain pun ada yang berisiko sama. Oleh sebab itu, untuk mengurangi berbagai ancaman kerusakan gigi karena mengonsumsi buah, Dr. Glenys Jones dari Medical Research Council memberikan beberapa tips yang bermanfaat. Beliau mengatakan bahwa, “Meminum jus buah dengan sedotan merupakan salah satu cara melindungi gigi. Selain itu, biasakan menggosok gigi sebelum mengonsumsi buah untuk membuat benteng antara gigi dan makanan.” Dr.Glenys juga menyarankan agar kita mau minum segelas air putih setelah mengonsumsi buah apel guna menetralisir zat asam yang terkandung di dalamnya.
Buah apel juga termasuk tanaman yang rentan terhadap penggunaan pestisida. Beberapa Negara menghubungkan gangguan system hormone, kemunduran IQ pada anak, kerusakan system syaraf, dan kanker dengan pestisida.

sumber : http://buahsehat-alami.blogspot.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak