Tahukah Anda, Negara Manakah yang Paling Banyak Menjajah Negara Lain?

hdwallsize.com
Tahukah anda, negara mana di muka bumi ini yang paling banyak menjajah negara atau bangsa lain? Yap, Inggris lah jawabannya. Namun, terkejutkah Anda bila dikatakan 90 persen negara di dunia ini pernah dijajah oleh Inggris?

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa 90 persen negara di dunia ternyata pernah dijajah Inggris. Dari sekitar 200 negara di dunia saat ini, hanya 22 negara yang sama sekali tak pernah dijajah Inggris, antara lain Guatemala, Tajikistan, Kepulauan Marshall dan termasuk satu negara Eropa, Luksemburg (Luxemburg).

Sejarah penjajahan Inggris itu dimuat dalam sebuah buku berjudul “All Countries We've Ever Invaded: And the Few Never Got Round To,” karya Stuart Laycock.

Dalam penulisan buku tersebut, Stuart berkeliling dunia ke negara-negara yang pernah dijajah Inggris. Dia melakukan riset sejarah mengenai persinggungan sebuah negara dengan Inggris. Namun, dari daftar negara itu hanya sebagian kecil yang benar-benar pernah menjadi wilayah Kekaisaran Inggris. Sementara negara lain dimasukkan ke dalam daftar, karena sedikit banyak Inggris pernah hadir di wilayah mereka.

dikutip dari sumber :  kompas

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak