Jika blog Anda sudah memiliki trafik yang 
cukup (misalnya 1000 pengunjung unik sehari), Anda tentunya bisa 
menyediakan pemasangan iklan banner di blog Anda. Pada kondisi ini Anda 
mungkin bertanya pada diri sendiri: “Berapa biaya pemasangan iklan 
tersebut?” Jika Anda belum tahu, di bawah ini adalah 2 cara yang biasa 
digunakan untuk menentukan biaya pemasangan iklan.
Kedua cara itu adalah berbasis CPM dan harga tetap.
1. Berbasis CPM
CPM singkatan dari cost per mille, di mana pengiklan dikenai biaya per 1000 page view. Mille sendiri dalam bahasa Latin artinya seribu.
Sebagai contoh, Anda menetapkan $0,1 CPM 
untuk sebuah iklan banner 125 x 125 di sidebar atas. Jika blog Anda 
menghasilkan 200.000 page views sebulan, maka satu spot banner Anda itu 
harganya sebesar $20 (200.000/1.000 x $0.1). Anda tinggal mengkonversi 
jumlah ini dengan kurs yang berlaku jika Anda menggunakan mata uang 
rupiah.
Bagaimana jika spot banner yang Anda tawarkan ukurannya lebih besar, misal 300 x 250?
Karena ukurannya 2 kali lebih besar 
daripada spot 125 x 125, maka harganya pun dua kali lipatnya yaitu $40 
sebulan. Begitu pula dengan ukuran yang lainnya, Anda tinggal mengalikan
 besarnya ukuran banner dengan harga banner 125 x 125.
Harga berbasis CPM ini umumnya digunakan 
oleh blog-blog luar negeri. Hal ini karena banyak pengiklan luar negeri 
yang bersedia membayar mahal untuk mengiklankan produk atau jasanya di 
blog yang trafiknya tinggi. Adapun blog-blog dalam negeri biasanya 
menggunakan harga tetap.
2. Harga tetap
Biaya iklan sistem ini bersipat tetap, 
tidak bergantung kepada jumlah page views per bulannya. Misalnya, $10 
untuk spot banner 125 x 125 setiap bulannya walaupun page views blog 
Anda naik atau turun tiap bulannya.
Dari mana muncul angka $10 itu? Semuanya 
ditetapkan oleh masing-masing pemiliki blog. Dengan kata lain, sesuai 
selera masing-masing.
Pengalaman Saya
Saya menggunakan sistem harga tetap untuk 
pemasangan iklan banner di Blogotainmen (update: blog ini sudah saya 
hapus). Dalam menentukan harganya, saya melihat harga pemasangan iklan 
banner di blog-blog lain.
Jika blog-blog tersebut terkenal dan page 
views per bulannya besar, maka saya menetapkan setengah dari harga iklan
 mereka. Misalnya, harga iklan mereka adalah $10 untuk banner 125 x 125 
di sidebar per bulannya, maka biaya sebuah spot banner yang sama di blog
 saya seharga $5 per bulan.
Pada tahap ini, pertimbangan saya adalah 
agar para pengiklan mau beriklan di Blogotainmen. Tahap selanjutnya, 
mungkin saya akan menetapkan harga yang sama dengan harga mereka.
Ngomong-ngomong, bagi Anda yang sudah 
memonetisasi blognya dengan iklan banner, bagaimana cara Anda menentukan
 biaya iklan tersebut?
sumber : blogodolar 
Tags
Tutorial Blog