FIFA Investigasi Selebrasi 'Nyeleneh' Bintang Kroasia


Timnas Kroasia ( REUTERS/Antonio Bronic)
FIFA telah memulai proses investigasi terkait selebrasi nyeleneh bintang Kroasia, Josip Simunic dalam laga kualifikasi Piala Dunia tengah pekan ini. Simunic melontarkan seruan bernada ala Nazi usai pertandingan.

Kroasia memastikan tampil di putaran final Piala Dunia 2014 usai menaklukkan Islandia 2-0 di laga playoff pada Selasa kemarin. Salah satu pemain Kroasia, Simunic pun lepas kontrok dalam merayakan keberhasilan mereka ini.

Setelah pertandingan, Simunic menggunakan mikrofon dan menyerukan 'Untuk Tanah Air' kepada publik Zagreb yang memadati stadion. Seruan Simunic disambut antusias para suporter tuan rumah: 'Siap!'.

Aksi Simunic ini justru menuai kritikan. Sebab seruan ini identik dengan yang digunakan pemerintahan 'boneka' Kroasia pro Nazi, Ustashas. Rezim Ustashas diketahui terlibat pembantaian ribuan warga di kamp konsentrasi pada Perang Dunia II.

Atas aksinya tersebut, pemain berusia 35 tahun ini didenda €3,200 oleh jaksa penuntun publik. Namun hukuman ini belum cukup. Simunic berpeluang menghadapi hukuman lanjutan dari badan sepak bola dunia (FIFA).

Seorang juru bicara FIFA menegaskan: "Kami menyatakan telah membuka proses investigasi terkait kasus tindakan indisipliner tuan rumah (Kroasia)." Meski demikian, belum ada tuntutan tambahan yang ditujukan kepada Simunic.

sumber : viva

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak