Inilah Pulau Anambas Kepulauan Riau, Pulau Tropis Terindah Di Asia Versi CNN

foto : anambas-cyber.blogspot.com
Kepulaun tropis Anambas dipilih menjadi yang pertama sebagai pulau tropis terindah di Asia versi CNN.com. Seperti dilansir laman website media internasional tersebut pada Sabtu 14 April 2012, Kepulauan Anambas berada di peringkat teratas diikuti kemudian oleh Koh Chang (Thailand), Langwaki (Malaysia), Halong Bay (Vietnam), dan Similan (Thailand).

Pulau-pulau tropis terbaik tersebut merupakan hasil pilihan dari Herman Ho yang merupakan Managing Director Boat Asia 2012 dan juga Stuart McDonald, yaitu pendiri dan editor salah satu website perjalanan Asia, Travelfish.org. Keduanya secara langsung diminta olehCNN.com untuk memilih pulau tropis terbaik di Asia berdasarkan keindahan hamparan laut biru yang luas, lokasi menyelam terpencil, biota laut yang beraneka ragam, dan kealamian pulaunya.

Kepulauan Anambas berlokasi di Pulau Batam, dimana sangat terkenal di kalangan pecinta snorkeling dan diving. Seperti diungkapkan Herman Ho, Pulau Bawah yang merupakan pulau utama di Kepulauan Anambas, adalah pulau yang tidak berpenghuni dengan laguna alami dikelilingi hamparan air biru jernih serta karang yang indah. Lebih jauh ke pedalamannya, ada air terjun raksasa dan tempat rekreasi terpencil yang luar biasa indahnya. Selain itu, ada juga bangkai kapal "Tujuh Langit" dan "Igara" yang karam di perairan ini sehingga menjadi magnetbagi para penyelam sekaligus istana bagi berbagai biota laut.
foto : indahless.blogspot.com
foto : internationalmaritimefestival.com
Kepulauan Anambas secara administratif adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, dengan ibukotanya adalah Terempa. Wilayah tersebut merupakan pemekaran dari Kabupaten Natuna. Kepulauan Anambas berupa 98,73 persennya adalah wilayahnya lautan dengan 238 pulau. Kebanyakan pulau-pulau tersebut memiliki pantai yang sangat indah, alami, dan tidak berpenghuni. Pulau terbesar dalam gugusan, yakni Pulau Bawah yang berpantai pasir putih.
foto : internationalmaritimefestival.com
foto : indahless.blogspot.com
Kawasan wisata yang mendunia di Kepulauan Anambas adalah berupa laguna atau danau air laut yang terpisah dari lautan lepas karena bentang alam yang membentuknya. Di Pulau Bawah, laguna tersebut dibentuk oleh gugusan pulau di tengah lautan lepas. Saat air laut sedang surut maka gugusan pulau akan tersambung punggungan pasir membentuk pembatas antara air laut di dalam dan di luar gugusan pulaunya. Air laut di kawasan ini sangat jernih dimana dari atas permukaan air dapat terlihat jelas sampai ke dasar laguna, termasuk ikan-ikan karang. Dasar laguna ini berupa pasir putih dengan sebaran terumbu karang di sejumlah titik.

Saat ini Laguna Pulau Bawah telah dikunjungi wisatawan meski jumlahnya masih belum banyak. Mereka umumnya wisatawan luar negeri yang menggunakan yacht atau kapal layar berukuran kecil. Pemerintah setempat menempatkan Kepulauan Anambas sebagai orientasi pengembangan kabupaten dan Laguna Pulau Bawah dipersiapkan untuk menjadi pionir yang akan mengangkat potensi wisata bahari kawasan tersebut.

Pulau-pulau di Anambas memiliki pasir pantainya yang putih berkilau dan semakin indah dengan air laut yang jernih diisi terumbu karang. Ada pula pantai dengan barisan vegetasi pohon kelapa sepanjang 8 kilometer. Selain itu, sejumlah pulau di sini seperti di Pulau Keramut dan Pulau Mangkai menjadi habitat bagi penyu.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak