Levante Tahan Imbang Barca

Barca gagal tundukkan Levante. © AFP
Levante menjamu Barcelona FC dalam jornada 20 La Liga pada Senin (20/01). Laga ini digelar di markas Levante, Estadio Ciudad de Valencia dan dipimpin oleh wasit Carlos de Cerro.

Di luar dugaan, Levante mampu menunjukkan perlawanan keras dan mengimbangi Barca dalam hal skor. Penampilan gemilang kiper Levante Keylor Navas mampu meredam ketajaman para penggawa Barca.

Seperti biasanya, Barcelona segera menguasai jalannya pertandingan begitu wasit meniup peluit tanda kickoff. Para pemain depan Barca beberapa kali menguji kedisiplinan lini bertahan Levente pada menit-menit awal pertandingan.

Akan tetapi Levante justru mampu mencuri keunggulan. Loukas Vyntra menanduk bola melewati Victor Valdes dengan memanfaatkan bola kiriman hasil tendangan pojok Andreas Ivanschitz. Levante unggul pada menit kesepuluh.

Keunggulan Levante tak bertahan lama karena Barca mampu menyamakan kedudukan - lewat skema yang nyaris sama dengan terciptanya gol Levante. Tendangan pojok Xavi diselesaikan dengan heading oleh Gerard Pique untuk merobek gawang Keylor Navas pada menit ke-19.

Sisa babak pertama lebih banyak didominasi oleh pertarungan di lini tengah. Barca masih memegang kendali, tetapi mereka kesulitan menembus pertahanan rapat tuan rumah.

Memasuki babak kedua, pertahanan Levante terus membuat Barca penasaran. Berkali-kali Barca melepas tembakan ke gawang Levante. Penampilan para bek Levante dan terutama kiper Keylor Navas membuat Lionel Messi dan kawan-kawan frustrasi.

Peluang terbaik Barca pada babak kedua adalah ketika Messi melepas tembakan yang diblok oleh Navas. Xavi menyambar bola rebound namun bola berhasil dihentikan Juanfran sebelum masuk ke gawang. Bola muntah kembali diarahkan Messi ke gawang. Kali ini Navas menunjukkan kesigapan dan refleks menawan dengan menepis bola keluar.

Serangan Barca terus mengalami kebuntuan, Gerardo Martino melakukan penyegaran. Cesc Fabregas ditarik keluar dan digantikan Sergi Roberto. Martino malah mencoba untuk lebih ofensif lagi dengan menarik keluar Pedro Rodriguez dan Xavi untuk memasukkan Cristian Tello dan Jean Marie Dongou.

Sementara itu, Levante nampak puas dengan skor imbang tersebut. Mereka nyaman bertahan dan mengancam Barca lewat serangan balik cepat. Sesekali para pemain Levante juga membuat Valdes harus bekerja keras menepis tendangan yang mengarah ke gawangnya.

Usaha Barca untuk mencari gol kemenangan tak berhasil hingga empat menit tambahan waktu berakhir. Barca pun harus puas dengan berbagi satu poin bersama Levante.

Hasil ini membuat Barca untuk sementara memimpin klasemen La Liga. Posisi mereka terancam tergusur oleh Atletico Madrid yang baru akan menghadapi Sevilla pada laga berikutnya.

Statistik Levante - Barcelona
Penguasaan bola: 26% - 74%
Shot (on goal): 7 (4) - 17 (6)
Corner: 2 - 8
Pelanggaran: 13 - 11
Offside: 4 - 7
Kartu kuning: 2 - 1
Kartu merah: 0 - 0

Susunan pemain Levante: Keylor Navas; Pedro Lopez, Navarro, Vyntra, Juanfran; Simao, Diop; El-Zhar (Angel, 56'), Ivanschitz (Pinto, 87'), Nikos; Ruben Garcia (El Adoua, 72')

Susunan pemain Barcelona: Valdes; Montoya, Pique, Mascherano, Alba; Busquets, Xavi (Dongou, 84'), Cesc (Roberto, 73); Pedro (Tello, 77'), Messi, Alexis.
sumber : bola.net

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak