Tahukah Anda, Klub Manakah yang Punya Fans Terbanyak di Dunia?

Fans Barcelona terbanyak di dunia. (foto: Sport.es)
Harus diakui kiblat sepak bola dunia memang ada di benua Eropa. Di benua biru itu bertebaran klub-klub elit dengan berbagai gaya permainan memukau. Dari sana pula muncul para pemain bintang dengan skill menawan. Oleh karena itu, tak terelakkan lagi sebagian besar penggemar sepak bola dunia terpikat menjadi pendukung klub-klub sepak bola dari benua biru.

Dikutip dari duniasoccer.com pada Senin, 10/03/2014, menurut penelitian yang dilakukan Euromericas Sport Marketing menyebutkan bahwa klub-klub yang memiliki jumlah fans terbanyak di dunia ada di benua Eropa. Klub mana sajakah itu? Berikut data klub dan jumlah fansnya :

1. Barcelona (340 juta)
2. Manchester United (322 juta)
3. Bayern Munich (192 juta)
4. Real Madrid (172 juta)

Catatan tersebut tentu tak mengherankan jika melihat prestasi yang ditorehkan Barcelona selama satu dekade terakhir. Dari penelitian itu pun disebutkan banyak faktor yang memengaruhi peningkatan fans sebuah klub. Termasuk dalam hal digital strategiest , yakni salah satunya melalui pemasaran melalui social media , pun strategi tur pramusim. Kebetulan, Barcelona memang mulai sering menggaet pasar di kawasan Asia. Sementara Man. United sudah melakukannya sejak beberapa tahun silam.
sumber: duniasoccer

1 Komentar

  1. binggung mau ngapain??
    ayo gabung langsung di ionqq/c/0/m
    menangkan hadiahnya hingga ratusan juta rupiah
    p1n bb:*58ab14f5*

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak