Menakutkan, Pesawat yang Mendarat di Bandara ini Berada Dekat di Atas Kepala

sumber: Wikipedia
Terletak di pulau Saint Marteen, kepulauan Karibia, masuk dalam wilayah teritori Belanda. Pada tahun 1942, bandar udara ini awalnya merupakan sebuah lapangan udara militer. Kemudian diubah menjadi bandar udara umum pada tahun 1943.

Adalah Princess Juliana International Airport atau Bandar Udara Internasional Putri Juliana, bandar udara yang bisa dibilang cukup menakutkan. Bandara ini sangat dekat dengan obyek wisata pantai dimana sering ramai dikunjungi turis, sangking dekatnya manakala pesawat akan mendarat di bandara tersebut berada hanya beberapa meter diatas para wisatawan yang berjemur di tepi pantai.

Namun rendahnya pesawat yang terbang di atas pantai ini justru menjadi daya tarik wisata tersendiri di Pulau Saint Maarten.

sumber: gobaca.blogspot.com
Pada tahun 2007, bandar udara ini menangani 1,647,824 penumpang dan 103,650 pergerakan pesawat bagian Belanda dari pulau Saint Martin.

Untuk bandara yang memiliki landasan cukup sulit dan berbahaya tersebut tentu bukan sembarang pilot yang bisa mendarat di sana. Pilot yang akan mendarat dituntut memiliki tingkat presisi yang tinggi. Pilot harus melewati bagian kecil dari sebuah pantai, melewati pagar dan sebuah jalan di ujung landasan sebelum mendarat pada tempat yang tepat di landasan sepanjang 2300 m. Tanpa memastikan pesawat berada pada sudut yang tepat, dipastikan pesawat akan overrun di landasan tersebut.

sumber: gobaca.blogspot.com
Kendati demikian sulitnya mendarat di bandara tersebut, tercatat hingga kini hanya 1 kejadian serius yang terjadi yaitu pada tanggal 2 Mei 1970 dimana ALM Flight 980 jatuh sekitar 30 mil dari pulau tersebut saat melakukan pendaratan di cuaca yang buruk.
sumber: dailymail.co.uk
sumber: gobaca.blogspot.com
sumber: gobaca.blogspot.com
 sumber: Wikipedia, runway-aviation 

2 Komentar

  1. wow bandara yang dekat sekali dengan jalan raya dan pantai, ekstrim sekali ya..

    BalasHapus

  2. ayo segera bergabung dengan kami di ionqq
    add pin black.berry 58b14f5 || ditunggu ya ^.^

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak