Wow, 3 Juta Orang Tumpah Ruah Berkumpul Mengikuti Acara ini

Photo credit
Terkejutkah anda bila melihat suatu acara perkumpulan yang melibatkan hingga 3 juta orang di suatu tempat terbuka? Inilah acara perkumpulan spektakuler itu.

Adalah Bishwa Ijtema atau World Congregation, suatu acara perkumpulan yang diikuti lebih dari 3 juta umat Islam yang berkumpul di daerah Tongi, Dhaka, Bangladesh. Berlokasi di tepi sungai Turaq, Dhaka, ibu kota Banglades. Acara yang digelar setiap tahun ini menjadi perkumpulan umat Islam terbesar kedua setelah Haji di Makkah.

Biswa Ijtema merupakan suatu acara spiritual yang dipimpin oleh para ulama-ulama besar dimana berisi ceramah-ceramah keagamaan dan mengajarkan do'a-do'a. Diselenggarakan oleh Jamaah Tabligh, yaitu suatu kelompok non-politik Bangladesh yang bertujuan untuk reformasi spiritual Islam. Tradisi Ijtema diprakarsai oleh seorang sarjana India bernama Muhammad Ilyas al-Kandhlawi. Bermula dari suatu perkumpulan kecil yang diikuti oleh orang-orang berpikiran religius di sebuah masjid lokal. Biswa Ijtema telah berlangsung rutin tahunan selama empat dekade terakhir.
Photo credit
Photo credit
Acara yang berlangsung tiga hari ini diikuti oleh umat Islam dari seluruh negeri bahkan hingga luar negeri. Terdapat suatu fenomena yang mungkin sangat jarang kita jumpai. Para peserta atau jamaah yang mengikuti Biswa Ijtema mempunyai cara yang tidak biasa untuk menghadiri acara tersebut. Bisa dibilang cukup nekat, dengan cara apapun mereka berangkat untuk acara tersebut. Terlihat dari cara mereka menggunakan sarana transportasi mengingat gerbong kereta tidak cukup untuk menampung penumpang dalam jumlah besar, sebagian besar dari mereka menumpuk di atas gerbong kereta.
Photo credit
Photo credit
Photo credit
Selain itu dari segi fasilitas, untuk mengakomodir kebutuhan kurang lebih 3 juta orang tentu merupakan tantangan besar bukan. Biswa Ijtema dikawal oleh para relawan dan aparat militer. Disediakan 4000 toilet dan kebutuhan konsumsi air kurang lebih menelan 30 juta liter air per hari.
Photo credit
Photo credit
Photo credit
Photo credit
Photo credit
Photo credit
Photo credit
Photo credit

2 Komentar

  1. subhanalloh banyak sekali yang datang ke acara tersebut..

    BalasHapus
  2. In1 y4ng di tunggu" guys| I0nqq t3lah m3ngh4dirkan g4me baru B4ND4R P0K3R (N3w G4m3)|
    4nda mau menjadi b4ndar|sil4k4n d4ft4r di www*i0nqq*c0m|p1n bb:*58ab14f5*

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak