Amber Room, Ruangan Bertahtakan Permata Lebih dari 1 Ton

Adalah Amber Room, sebuah ruangan berukuran 11 kaki persegi, terdiri dari panel-panel dinding berukuran besar yang bertahtakan beberapa ton berlian amber murni kurang lebih seberat 5.440 kg. Kemudian terdapat cermin-cermin besar dihiasi dedaunan yg terbuat dari emas, serta empat buah mozaic Florentine yg luar biasa indahnya.

Tersusun dalam 3 tingkat, ruangan tersebut bertahtakan permata-permata yg tak ternilai harganya. Di dalamnya tersimpan berbagai koleksi benda seni buatan Prusia dan Rusia yg paling berharga.

Amber Room dibuat oleh Raja Friedrich I dari Prusia utk diberikan kepada Czar Rusia, Peter yang Agung pada tahun 1716. Ruangan Amber terletak di Istana Katherine, dekat St. Petersburg. Saat ini mungkin nilai dari ruangan ini lebih dari US$142 juta (sekitar lebih dari Rp 1,5 triliun).
Saat Hitler dengan Nazi-nya menyerang Rusia, penjaga Amber Room was-was. Mereka mencoba utk memindahkannya, namun dinding-dindingnya mulai remuk sehingga mustahil memindahkan dinding tersebut. Akhirnya mereka menutupinya dengan wallpaper.

Namun usaha tersebut gagal menyembunyikan Amber Room. Saat Nazi meluluhlantakkan Leningrad (saat ini bernama St. Petersburg) pada bulan Oktober 1941, mereka merebutnya serta memindahkannya ke Istana Königsberg selama masa perang.
Ketika Königsberg menyerah bulan April 1945, Amber Room menghilang, dan sampai sekrg tak pernah ditemukan kembali. Apakah sudah hancur oleh bom Soviet sendiri? Apakah tersembunyi di salah satu bunker yang terletak di luar kota? Tak ada yg tahu pasti mengenai nasib ruangan tsb.

Saat ini telah diciptakan replika dari Ruangan Amber, yang dibuat dengan sangat teliti, di Istana Catherine.



sumber Foto : Daily Mail

2 Komentar

  1. ruangan bertahta permata yang sangat bagus, luar biasa..

    BalasHapus
  2. ayo segera bergabung dengan kami di IONQQ^^com
    add pin bb 58ab14f5 || ditunggu ya^^

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak