Beginilah Kebiasaan Merokok Anak Di Indonesia yang Menjadi Perhatian Dunia

Foto : Michelle Siu
Ketika tingkat konsumsi rokok menurun di banyak negara Barat, namun yang terjadi di Indonesia justru sebaliknya , di mana lebih dari 60% pria dari penduduk Indonesia secara rutin mengkonsumsi rokok dan menggunakan tembakau.

Seperti dilansir TIME, mendengar hal tersebut, fotografer asal Kanada Michelle Siu merasa itu adalah sesuatu yang perlu untuk mendokumentasikan. Kemudian ia mendokumentasikannya melalui seri foto berjudul ‘Marlboro Boys’.

Di Indonesia kebiasaan merokok telah menjadi budaya yang tertanam di mana beberapa anak mengalami kebiasaan rokok pertama mereka pada usia empat tahun.

Foto : Michelle Siu
"Konsumsi tembakau di Indonesia adalah masalah yang kompleks seperti menjadi budaya,
politik dan ekonomi negara. Anda tidak dapat mengambil 10 langkah sebelum melihat
iklan tembakau atau seseorang yang merokok."

"Mereka menghirup dan menghembuskan napas seperti orang tua yang telah merokok selama
bertahun-tahun - Beberapa dari mereka telah merokok dua bungkus sehari sejak mereka masih anak-anak kecil." kata Sui, seperti dikutip TIME, Kamis (21/8).

Di Garut, Jawa Barat, Sui mendokumentasikan bocah berinisial DM, bocah SD yang dalam sehari menghabiskan dua bungkus rokok. Di salah satu foto, tampak DM santai merokok di samping ibunya yang sedang menyusui adiknya.

Di Sukabumi, Jawa Barat, Sui mendapatkan, bocah berinisial IH yang sudah merokok sejak usia empat tahun. Dalam sebuah foto tampak bocah kelas 3 SD itu masih berseragam dan merokok di kamarnya, disaksikan adiknya.

Di Jakarta, sejumlah siswa sekolah menengah pertama tampak asyik mengisap rokok di depan sebuah toko kelontong. Sementara itu bocah berinisial IM, anak laki-laki yang sudah merokok sejak usia lima tahun akan menangis dan mengumpat kepada sang nenek jika tidak dibelikan rokok.

Foto : Michelle Siu
Foto : Michelle Siu
Foto : Michelle Siu
Foto : Michelle Siu

Foto : Michelle Siu
Foto : Michelle Siu
Foto : Michelle Siu
Foto : Michelle Siu
 sumber : TIME
Foto : Michelle Siu

2 Komentar

  1. astagfirulloh, anak-anak jaman sekarang masih kecil aja sudah pada ngeroko..

    BalasHapus

  2. numpang share ya.. ingin mencari tambahan uang saku,, kunjungi kami di ionQQ*com
    dan jangan lupa di add pin bb kami : 58ab14f5

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak