Giant Causeway, Hamparan Batu Kolom Alami yang Merayap Di Lautan

sumber: vault.sierraclub.org
Adalah Causeway, jalan lintasan atau daratan yang menjorok ke laut, biasanya terdapat rawa-rawa di sekitarnya. Bisa dikatakan merupakan sebuah tanjung berukuran kecil. Dari berbagai causeway yang ada di dunia, ada salah satu causeway yang keindahannya memiliki daya tarik tersendiri dan begitu menyita perhatian dunia.

Causeway itu tak lain adalah Giant Causeway (causeway raksasa) di Irlandia. Causeway berupa hamparan batu menjorok ke laut yang tersusun dari batu basal sepanjang 4 mil (6 km) di pantai Irlandia Utara. Berada di tepi dataran tinggi Antrim sekitar 25 mil (40 km) timur laut dari Londonderry.

sumber: www.dailymail.co.uk
Kurang lebih tersusun dari 40.000 kolom batu basal, masing-masing umumnya memiliki 5-7 sisi tidak teratur, menonjol keluar dari tebing seolah-olah mereka merayap ke laut.

Terbentuk sekitar 50-60 juta tahun yang lalu, selama Periode Paleogen. Raksasa causeway dihasilkan dari aliran lava yang berturut-turut mengalir ke arah pantai dan mengalami pendinginan ketika sampai di laut.

sumber: planetden.com
Lapisan batu kolom basal yang terbentuk, dan tekanan antara bebatuan kolom ini terpahat menjadi bentuk poligonal yang bervariasi, berdiameter 15-20 inci (38-51 cm) dan tingginya mencapai 82 kaki (25 meter). Mereka tersusun di sepanjang tebing rata-rata di ketinggian sekitar 330 kaki (100 meter).

Pertama didokumentasikan pada tahun 1693, formasi pembentukannya telah intensif dipelajari oleh ahli geologi. Kemudian di tahun 1961 Giant Causeway dan area sekitarnya di pesisir pantai diwariskan kepada National Trust (organisasi Inggris yang meningkatkan pelestarian keajaiban alam dan arsitektur).

sumber: www.titanicwalk.com
sumber: nonoinguatemala.blogspot.com
Selanjutnya, situs itu diperluas kurang lebih 200 hektar (80 hektar) dan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1986. Dilindungi tidak hanya untuk keindahannya, tetapi juga karena tebing, pantai, rawa-rawa, padang rumput dan merupakan rumah bagi sekitar 50 jenis burung, serta lebih dari 200 spesies tanaman yang ada di sana.
sumber: www.flickr.com
sumber: www.theguardian.com
sumber: Britannica

2 Komentar

  1. hamparan batu kolom yang sangat indah..

    BalasHapus
  2. binggung mau ngapain??
    ayo gabung langsung di ionqq/c/0/m
    menangkan hadiahnya hingga ratusan juta rupiah
    p1n bb:*58ab14f5*

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak