La Geria, Taman Hitam Ribuan Hektar Nan Eksotik dan Subur

Masih banyak bentangan alam unik dan mengagumkan yang selalu menanti untuk digali. Dunia Sejuta Warna tak pernah bosan menyajikan berbagai hal unik tersebut untuk anda. Kali ini yang akan kami sajikan ialah Black Gardens (Taman Hitam) La Geria,  tentunya tak kalah mengagumkan dari hal-hal unik sebelumnya, dan langsung saja sebagai berikut :
Image Credit:PepeLuz/Flickr
La Geria adalah suatu daerah perkebunan anggur di Lanzarote, Spanyol. Perkebunan anggur yang ada di sana tak seperti pada umumnya, setiap tanaman anggur di pasang pagar batu setengah lingkaran berdiameter hingga 5 meter seperti bulan sabit yang berfungsi untuk menahan angin. Yang paling menyita perhatian, seluruh bentangan alam area perkebunan dan sekitarnya berwarna hitam pekat. Nampak seperti sebuah taman hitam yang luas.
Image Credit:GanMed64 /Flickr
Unik bukan? Tentu membuat kita penasaran, apa yang membuat bentangan alam itu berwarna hitam pekat?

Melihat sejarahnya, sejak abad ke-15 Lanzarote memiliki tradisi sebagai daerah penghasil anggur. Daerah tersebut mempunyai area perkebunan anggur yang bernama 'La Geria'. Luas area sekitar 5250 hektar, dimana kurang lebih 3.000 hektar dibudidayakan. Di dekat area perkebunan anggur itu terdapat gunung-gunung berapi yang masih aktif.

Pada tahun 1730, di daerah itu terjadi letusan besar gunung berapi yang berlangsung selama 6 tahun (1730-1736). Seluruh wilayah tertutup oleh abu lava yang juga disebut dengan lapili, rofe atau picon.

(c) Chris Hopkins Images
Ribuan hektar lahan perkebunan hilang tertutup lapisan tebal abu hingga 3 meter. Kemudian, setelah letusan gunung berapi reda dan gunung berhenti bergemuruh, penduduk mulai kembali ke sana dan memulai perkebunan itu kembali.

Tak disangka, ternyata ada berkah tersembunyi dibalik lapisan tebal abu itu. Lapili atau abu vulkanik itu memiliki pori-pori dan higroskopis yang dapat menarik dan menyimpan air. Daerah Lanzarote hanya memiliki curah hujan sedikit dan abu mempertahankan kelembaban tanah di sekitar tanaman sehingga memiliki cukup air untuk tumbuh. Bahkan jika tidak hujan, kelembaban Lazarote di pagi hari juga memungkinkan abu untuk menyimpan embun pagi.

Image Credit:Lobo Estepario/Flickr
Image Credit:Lobo Estepario/Flickr
Image Credit:PepeLuz/Flickr
Image Credit:Penjelly/Flickr
Image Credit:GanMed64 /Flickr
Image Credit Flickr User F Sancha
Image Credit:laurent gauthier/Flickr

3 Komentar

  1. ternyata itu bukanlah taman melainkan ladang anggur yang menyerupai sebuah taman..

    BalasHapus
  2. binggung mau ngapain??
    ayo gabung langsung di ionqq/c/0/m
    menangkan hadiahnya hingga ratusan juta rupiah
    p1n bb:*58ab14f5*

    BalasHapus
  3. AJOQQ menyediakan 8 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak