Unik, Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini dapat Berfungsi di Malam Hari

Dilihat dari atas melalui aerial foto nampak seperti sebuah taman raksasa yang luar biasa luas. Taman yang dipenuhi ribuan cermin simetris melingkar terpusat pada satu titik menara di tengah. Tapi ini bukan taman melainkan sebuah instalasi pembangkit listrik tenaga surya.

Adalah Gemasolar Power Plant, sebuah pembangkit listrik tenaga surya pertama di dunia. Dengan luas 185 hektar tersebar lebih dari 2.600 cermin panel besar yang masing-masing berukuran 120 meter persegi.

Dikutip dari Amusing Planet, pembangkit listrik yang berada di di Fuentes de Andalucia, Sevilla, Spanyol ini mampu menghasilkan listrik hingga 20 Megawatt. Ia mampu memenuhi kebutuhan listrik 25.000 rumah selama 24 jam.


Cara kerjanya dengan menggunakan ribuan panel cermin sinar matahari dipantulkan ke sebuah tangki yang berisi air garam nitrat. Panas matahari yang dihasilkan mencapai suhu lebih dari 900 derajat celcius sehingga membuat air garam mendidih. Uap air garam yang mendidih itu menggerakkan turbin uap dan mampu menghasilkan energi listrik.

Menariknya, pembangkit listrik tenaga surya ini masih dapat bekerja meski dalam cuaca mendung, bahkan di malam hari pun juga masih berfungsi. Ia menyimpan energi yang berlebih di sebuah baterai termal raksasa. Sehingga tanpa sinar matahari ia masih mampu berfungsi untuk menggerakkan turbin hingga 15 jam.



Dibangun oleh kerja sama dua perusahaan, yaitu perusahaan energi Abu Dhabi Masdar dan perusahaan teknik Spanyol SENER, Torresol Energi. Pembangunannya memerlukan waktu hingga dua tahun dengan biaya £ 260 million.

Sevilla merupakan salah satu daerah yang paling cerah dan kaya akan sinar matahari di Eropa. Itulah mengapa Gemasolar Power Plant itu dibangun di sana.


1 Komentar

  1. ayo segera bergabung dengan kami di IONQQ^^com
    add pin bb 58ab14f5 || ditunggu ya^^

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak