Mount Thor, Gunung Bertebing Vertikal Paling Tinggi dan Curam di Dunia

Seperti yang biasa kita lihat, umumnya sebuah gunung bentuknya bisa dibilang mirip sebuah segitiga dengan tebing-tebing miring di setiap sisinya. Namun ada yang berbeda dengan gunung yang satu ini, yakni Gunung Thor. Salah satu sisi tebingnya sangat curam, sama sekali tak terlihat miring dan nyaris sempurna tegak vertikal seperti sebuah menara.

Gunung yang berada di Taman Nasional Auyuittuq, Pulau Baffin, Nunavut, Kanada ini memiliki tebing curam vertikal setinggi 1250 meter. Tebing vertikal alami yang sangat tinggi bukan? 

Bila kita bandingkan dengan gedung-gedung tertinggi di dunia, sebut saja Menara Eiffel yang ketinggiannya 324 meter, atau dengan Burj Khalifa yang tingginya 828 meter. Tentu belum bisa menyamai Gunung Thor.


Gunung Thor tersusun dari bebatuan granit. Ia merupakan bagian dari pegunungan Baffin. Letaknya memang berada di daerah terpencil. Kendati demikian, ia populer bagi para pendaki gunung. Suasana pegunungan di sana mirip dengan yang ada di film Thor.


Pada tahun 1965, puncak gunung ini pertama kali ditakhlukan oleh ekspedisi Alpine Club of Canada yang dipimpin oleh Pat Baird.

Sekedar informasi, selain Gunung Thor ada lagi salah satu gunung di pegunungan Baffin yang juga terkenal dengan puncak datarnya, yakni Gunung Asgard.


3 Komentar

  1. ION^Q^Q menghadirkan permainan paling menarik
    Anda bisa menikmati permainan Poker & Domino bersama kami
    Untuk info lebih lanjut Add bbm kami *58ab14f5

    BalasHapus
  2. AJOQQ menyediakan 8 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak