Ini Dia 6 Hal yang Membedakan Ramen Asli dan Palsu

Image source: masusushiandrobata.com
Ramen, salah satu kuliner khas Jepang yang telah mendunia. Di berbagai negara di dunia ramen sudah sangat dikenal apalagi bagi para pecinta kuliner khususnya mie.

Kepopulerannya senada dengan rumah makan atau restoran yang menyajikannya. Kini marak sekali muncul restoran-restoran yang menyajikan makanan dari Negeri Sakura itu. Bahkan sangking banyaknya mungkin akan membuat orang bingung membedakan antara ramen yang asli dan palsu.


Seperti dilansir Thrillist, berikut ini adalah ciri-ciri sebuah restoran yang menyajikan ramen asli. Jangan ngaku pernah makan ramen kalau belum tahu 6 hal ini.

1. Gyoza
Pangsit gyoza merupakan salah satu bagian dan ciri khas ramen. Jika restoran yang Anda kunjungi menyajikan ramen tanpa gyoza, maka jelas itu bukan ramen asli namanya.

2. Pesan dibawa pulang (dibungkus)
Jika benar itu adalah restoran ramen asli maka jelas tidak menerima pembeli yang memesan dibungkus untuk dibawa pulang (makan di rumah). Karena ramen sebaiknya dikonsumsi langsung setelah disajikan.

3. Pengunjung dapat melihat koki
Sebagian besar restoran ramen miliki dapur terbuka sehingga pengunjung bisa melihat koki saat membuat ramen. Atau setidaknya jika dapurnya tidak terbuka, ada kamera yang dipasang sehingga pelanggan tetap bisa melihat cara membuatnya melaui monitor.

Image source: sebandung.com
4. Varian menu ramen
Jika sebuah restoran ramen miliki banyak varian menu ramen bahkan sampai ratusan maka patut dipertanyakan keaslian ramennya. Seharusnya cukup dengan menyediakan empat sampai 10 menu ramen saja.

5. Kaldu asli
Salah satu bahan dasar atau pokok yang ada pada ramen adalah empat kaldu yang berbeda, yakni shio, shoyu, miso, dan tonkotsu. Jika di dalamnya tidak ada shio dan shoyu, maka itu jelas bukan ramen asli.

6. Ramen adalah bintangnya
Ciri yang terakhir sesuai dengan namanya yakni "ramen" itu sendiri. Ramen menjadi bagian utama, jika sebuah restoran menjual kentang goreng, telur gulung, sushi, ditambah ramen, maka kemungkinan besar itu bukan ramen yang bagus.

Source: Thrillist via Dreamers Radio

2 Komentar

  1. ramen asli mungkin hanya ada di jepang.. hhe

    BalasHapus
  2. binggung mau ngapain??
    ayo gabung langsung di ionqq/c/0/m
    menangkan hadiahnya hingga ratusan juta rupiah
    p1n bb:*58ab14f5*

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak