Wow, Ada Kota Penuh Gedung Pencakar Langit Berbahan Lumpur di Lereng Bukit

Timur Tengah merupakan suatu daerah yang identik dengan yang namanya gurun pasir. Dengan suasana gurun pasir yang kering, terdapat salah satu daerah di daratan Timur Tengah yang memiliki keunikan tersendiri dan belum tentu ada di daerah lain, yakni Yaman.

Yaman memiliki daerah yang disebut dengan "Wadi", yaitu dataran tinggi yang diselingi lembah-lembah tetapi tak memiliki sungai permanen melainkan sungai musiman. Meski musim dingin, cuaca di daerah Wadi tetap kering. 

Menariknya, di daerah tersebut gedung-gedung bangunannya menggunakan bahan lumpur. Dikutip dari Amusing Planet, gedung-gedung bertingkat itu dibangun dengan batu bata berbahan lumpur dan berlantai kayu. Kemudian ada juga yang dicat dengan beragam warna.


Bahkan, meski berbahan lumpur ada juga yang letaknya berada di lereng bukit yang berdiri tegak di dataran tinggi, pada ketinggian 100 atau 200 meter di atas permukaan lembah.

Daerah Wadi di Yaman yang paling terkenal adalah Wadi Hadramaut dan Wadi Dawan. Arsitektur bangunan berbahan lumpur yang mengagumkan. Yaman merupakan salah satu daerah tertua peradaban manusia.


 Source: Amusing Planet

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak