Misterius, Gurun Pasir Kering Gersang ini Miliki Ratusan Danau

Pasir terhampar luas sejauh mata memandang, gurun pasir pada umumnya tentu tak lepas dari cuaca panas, kering dan gersang. Melihat sumber air di tengah gurun sering kali tak jauh dari fatamorgana belaka. Meski demikian tak jarang pula ditemukan oase ditengah luas dan panasnya gurun pasir. Salah satunya di gurun pasir unik yang satu ini.

Bukan hal unik namanya bila tak punya sesuatu yang menarik. Adalah Badain Jaran Desert, sebuah gurun pasir yang terletak di daratan Asia tepatnya daerah Mongolia, China. Sebagaimana dilansir Amusing Planet, dengan luas 49.000 km persegi menjadikannya gurun terbesar ketiga di China. 

Kemudian dengan bukit-bukit pasirnya yang memiliki ketinggian mencapai lebih dari 500 meter membuatnya menjadi gurun pasir dengan bukit tertinggi di muka bumi.


Cuaca di Badain Jaran Desert terkenal sangat kering dan gersang dengan curah hujan tahunan antara 50-60 mm. Meski demikian, uniknya ada sesuatu yang seolah mustahil tetapi ada di gurun pasir ini, yakni terdapat ratusan danau.

Terdapat sebanyak 140 danau permanen ada di sana. Aneh, di gurun pasir yang kering dan gersang miliki ratusan danau, tak heran bila disebut danau misterius.



Diyakini danau tersebut berasal dari mata air bawah tanah yang mengalir di bawah deposito kerikil. Lalu muncul menyebar di antara bukit-bukit pasir di mana deposito menjadi halus dan aliran air terkumpul. Mata air tersebut berasal dari curah hujan dan pencairan salju di pegunungan ratusan kilometer sekitar gurun.

Sayangnya, dalam beberapa dekade terakhir beberapa danau telah menyusut atau bahkan hilang akibat adanya pengurangan air tanah yang dibawa oleh urbanisasi, irigasi, pengalihan air, dan peningkatan populasi.


 Source: Amusing Planet

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak