Menakjubkan, Meski Jantung Berhenti Berdetak Hewan ini Dapat Hidup Kembali

Sungguh luar biasa, dijamin Anda bakal takjub dan tercengang bila melihat kemampuan mengagumkan hewan yang satu ini. Ia mampu bertahan hidup di saat musim dingin dengan suhu ekstrim di bawah nol derajat celcius. Hebatnya, cara ia bertahan di bawah suhu yang mencapai titik beku itu justru dengan membekukan dirinya. Bahkan hingga detak jantungnya berhenti. Hewan apakah itu?

Tak lain adalah Katak Kayu Alaska (Alaskan Wood Frog). Belum ditemukan hewan lain yang memiliki kemampuan bertahan di musim dingin sekuat katak jenis ini. Dikutip dari Oddity Central, selama musim dingin katak tersebut berhibernasi dengan membiarkan lebih dari 60 persen bagian tubuhnya membeku. 

Bahkan paru-parunya berhenti bekerja dan ia berhenti pula bernafas. Kemudian jantungnya berhenti berdetak. Aktifitas metabolisme dalam tubuhnya juga ikut berhenti. Namun ajaibnya, setelah tiba musim semi katak tersebut dapat segera hidup kembali. Ia mampu bertahan di musim dingin yang panjang dengan suhu mencapai titik beku berkisar -9C hingga -18C.


Berkat kemampuan luar biasa katak kayu itu, para peneliti medis telah menemukan cara untuk membekukan organ hidup dan mencairkannya kembali tanpa merusak organ tersebut. Penemuan berharga tersebut memberikan manfaat besar dalam proses transplantasi organ.

Cara bertahan katak itu di musim dingin yang berbulan-bulan seperti mati suri. Unbelievable, bagaimana menurut Anda? Sungguh menakjubkan bukan? Lihat video kemampuan luar biasa katak tersebut di sini. 

4 Komentar

  1. wuih... keren... kayak di film-film science fiction

    BalasHapus
  2. ada juga manusia koq..
    Captain America dibekukan juga pada zaman Nazi..

    BalasHapus
  3. katak yang sangat mengagumkan, meskipun jantungnya berhenti berdetak tapi masih bisa hidup kembali..

    BalasHapus
  4. binggung mau ngapain??
    ayo gabung langsung di ionqq/c/0/m
    menangkan hadiahnya hingga ratusan juta rupiah
    p1n bb:*58ab14f5*

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak