Negara Gudangnya Playmaker Ternama



      Harus diakui bahwa Eropa merupakan kiblat sepakbola dunia. Secara historis sepak bola memang lahir di benua Eropa tepatnya di Inggris yang kemudian semakin berkembang pesat dan populer setelah didirikannya FIFA tahun 1904. Namun bukan itu yang menyebabkan benua biru disebut sebagai kiblat sepakbola, akan tetapi karena disanalah kekuatan sepakbola yang sebenarnya begitu terasa.
Di negara-negara Eropa terdapat liga-liga sepakbola yang bertabur bintang dan syarat akan persaingan ketat, sebut saja Liga Inggris (EPL), Liga Spanyol (La Liga), Liga Italia (Seri A), Liga Jerman (Bundesliga), Liga Prancis (Ligue I), dan masih banyak lagi yang lainnya. Berbagai strategy permainan memukau juga turut menghiasinya. Belum lagi dalam hal kompetisi, seperti Liga Champions, Piala Eropa (Euro), dan lain-lain, bahkan sangking meriahnya ada yang menganggap Euro sama prestisiusnya dengan Piala Dunia. Itulah mengapa Eropa disebut sebagai kiblat sekaligus barometer sepakbola dunia. Bila ada seorang pemain bintang dari manapun asalnya, belum tentu ia diakui kualitasnya sebelum ia merumput di kancah sepak bola Eropa.
       Berbicara mengenai pemain, seperti yang kita ketahui dalam setiap tim ada salah satu pemain yang mempunyai peran vital. Ia bertindak sebagai pengatur irama permainan, menghubungkan lini belakang dan lini depan, serta sering kali menjadi otak dibalik terjadinya gol (pengatur serangan). Siapakah dia ? Ya, dialah pemain yang disebut sebagai playmaker. setiap tim pasti memilikinya. Dikancah sepakbola Eropa banyak terdapat pemain bintang yang berperan sebagai playmaker. Bila melihat dari mana mereka berasal, diketahui untuk saat ini negara yang paling banyak menghasilkan playmaker bintang adalah Spanyol dan Jerman.

Spanyol
1. Xavi (Barcelona)
2. Iniesta (Barcelona)
3. Fabregas (Barcelona)
4. Thiago Alcantara (Barcelona)
5. Xabi Alonso (Real Madrid)
6. David Silva (Manchester City)
7. Juan Mata (Chelsea)
8. Isco (Malaga)
9. Arteta (Arsenal)

Jerman
1. Mesut Ozil (Real Madrid)
2. Bastian Schweinsteiger (Bayern Munich)
3. Tony Kroos (Bayern Munich)
4. Mario Gotze (Bayern Munich)
5. Ilkay Gundogan (Borussia Dortmund)

       Kebanyakan dari mereka bertipe attacking playmaker, yaitu playmaker yang lebih ofensif, daya jelajah tinggi, dan beroperasi di area permainan lawan dengan melakukan passing-passing pendek, seperti Xavi, Iniesta, Fabregas, Thiago Alcantara, David Silva, Mata, Isco, Arteta, Ozil, dan Gotze. Sedangkan Xabi Alonso, Schweinsteiger, dan Gundogan bertipe deep-lying playmaker. Mereka lebih beroperasi ke dalam (di depan lini pertahanan), dan mengandalkan umpan-umpan panjang akurat. Meskipun demikian di antara playmaker-playmaker tersebut ada beberapa yang terkadang memperagakan 2 tipe playmaker itu dalam permaianan, seperti Xavi, Fabregas, Gundogan, dan Schweinsteiger. Pengkategorian playmaker sesuai dengan tipenya di atas sebatas subyektifitas penulis, bagaimana menurut anda ?

3 Komentar

  1. b0la, c4sin0, sabung ayam, dll hanya di Update Betting, yukk buruan..

    BalasHapus
  2. You understand your projects stand out of the crowd. There is something unique about them. It seems to me all of them are brilliant. racesitepro

    BalasHapus
  3. i read a lot of stuff and i found that the way of writing to clearifing that exactly want to say was very good so i am impressed and ilike to come again in future.. oncasinositenet

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak