Inilah Agen Pesepakbola yang Lebih Kaya Dari Pemain Bintang

      Layaknya penasehat sekaligus penyambung lidah, agen adalah orang yang berperan penting dalam perpindahan (transfer) pemain dari satu klub ke klub yang lain. Selain itu, ia juga bertugas membantu pemain meliputi ;
- negosiasi transfer dengan klub
- perihal kontrak dengan klub
- memasarkan pemain agar lebih laku
- menata karir pemain
- memberi rekomendasi pilihan
- mengatur pencitraan pemain
- mebuat isu ke media
- mengatur keuangan pemain
- mengatur investasi pemain
- mengatur pembayaran pajak
Soal keuangan tak kalah penting dengan soal transfer, agar pemain tidak jatuh bangkrut di masa depan atau terganjal pajak.
      Sejak 2001, lisensi untuk menjadi seorang agen bisa diperoleh dari asosiasi sepak bola masing-masing negara, tidak lagi dari FIFA. Menurut FIFA, saat ini ada 5.187 agen sepak bola berlisensi nasional. Dari sekian banyak agen yang ada saat ini, ada dua agen yang paling berpengaruh di dunia sepak bola, yaitu Jorge Mendes dan Pini Zahavi. Dua agen ini memiliki agensi dengan pendapatan terbesar, bahkan pendapatan mereka mengalahkan pemain-pemain bintang yang menjadi klien mereka.

1. Jorge Paulo Agustinho Mendes
       Ia adalah agen hampir seluruh pemain top Portugal, termasuk penyerang termahal dunia, Cristiano Ronaldo. Selain Ronaldo, pelatih yang yang dijuluki The Special One yaitu Mourinho juga menjadi klien Mendes. Kemudian pemain lain seperti Pepe, Angel Di Maria, Fabio Coentrao, Ricardo Carvalho, Diego Costa, Deco, dan Radamel Falcao. Ketika membantu Manchester United mendapatkan tanda tangan Cristiano Ronaldo, Mendes mendapat komisi 1,2 juta pound dari total 12 juta pound bayaran transfer ke Sporting Lisbon. Bonus besar ia dapatkan ketika Ronaldo hijrah ke Real Madrid denga harga 81 juta pound. Mendes menerima 8,1 juta pound atau Rp 125 miliar! Jorge Mendes dengan agensinya yaitu "GestiFute" hampir setiap tahun mengantongi pendapatan kotor Rp. 3,1 Triliun.

2. Pinhas Zahavi, lebih dikenal dengan nama Pini Zahavi
      Pria berkebangsaan Israel ini sudah lama menetap di Inggris. Pemain bintang yang pernah ia naungi yaitu; Veron, Rio Ferdinand, Petr Cech, Carlos Tevez. Namanya mencuat ketika membawa Rio Ferdinand menjadi pemain belakang termahal, 29 juta pound. Rio dibeli Leeds United dari West Ham dengan harga 18 juta pound (Rp 280 miliar). Leeds lantas melepas pemain itu ke MU dengan banderol 29 juta pound (Rp 445 miliar).
       Zahavi, 69 tahun, adalah mantan wartawan olahraga. Ia memulai kiprahnya di bursa transfer pada 1979 ketika membawa Avi Cohen, bek Maccabi Haifa, ke Liverpool dengan harga 200 ribu pound. Sejak itu namanya dikenal oleh manajer-manajer klub Inggris. Zahavi kini menjadi agen kesayangan Roman Abramovich untuk memperkuat Chelsea. Agensinya setiap tahun kurang lebih dapat mengantongi pendapatan kotor Rp 780,6 Miliar.

       Walau bagaimanapun, agen memang layak dengan gaji tinggi, komisinya berkisar 4-10 persen dari kontrak yang diperoleh pemain. Waktu kerja utama memang hanya saat dua kali jendela transfer, tetapi sejatinya mereka bekerja sepanjang tahun karena urusan pemasaran dan keuangan tidak mengenal hari libur.


Sumber :
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/07/21/231628/Mendes-Agen-Pemain-Rp-2-Triliun
http://id.olahraga.yahoo.com/blogs/arena/agen-pemain-bagian-dari-hiburan-di-sepak-bola-modern-082906217.html
Special Football, Jawapos edisi Rabu 21 Agustus 2013.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak