Perpustakaan Dengan Koleksi Buku Terbanyak di Dunia

5. Deutsche Bibliothek
Deutsche Bibliothek (bahasa Jerman untuk "Perpustakaan Jerman") ini terletak di Frankfurt am Main. Semenjak Persatuan Kembali Jerman pada tahun 1990, Deutsche Bibliothek menjadi salah satu cabang dari tiga cabang Perpustakaan Nasional Jerman. Dua cabang lainnya adalah : Deutsche Bücherei di Leipzig dan Deutsches Musikarchiv di Berlin. Mulai tahun 1969 setiap buku yang terbit di Jerman diharuskan untuk menyerahkan dua eksemplar pada perpustakaan nasional sebagai bahan arsip. Perpustakaan ini kurang lebih memiliki koleksi 18,5 juta buku.

4. National Library of Canada
National Library of Canada terletak di Ottawa, Kanada. Perpustakaan dengan arsitektur modern ini didirikan pada tahun 1953. Perpustakaan ini memiliki koleksi buku kurang lebih dari 18,8 juta buku.

3. Library of the Russian Academy of Sciences
Perpustakaan yang terletak di Saint Petersburg, Vasilievsky Island, Rusia ini didirikan tahun 1917. Suatu sumber mengatakan, saat ini koleksi buku yang dimiliki perpustakaan ini telah mencapai 20 juta buku.

2. National Library of China
Perpustakaan terbesar di dunia yang kedua adalah National Library of China terletak di Zhongguancun S St, Haidian, Beijing, China. Perpustakaan ini mempunyai koleksi lebih dari 23 juta buku. Perpustakaan ini memiliki luas lantai total 170.000 meter persegi. Koleksi dalam perpustakaan ini terdiri dari 270.000 jilid buku langka, 1.600.000 volume buku-buku kuno umum, 35.000 potongan cangkang kura-kura scripted dan tulang hewan.
 
1. Library of Congress
Perpustakaan yang memiliki koleksi buku terbanyak di dunia ini berada di Washington DC, Amerika Serikat. Library of Congress didirikan pada 1800. Perpustakaan ini memiliki koleksi lebih dari 30 juta buku. Library of Congress merupakan pusat copyrights di Amerika, sehingga mendapatkan kiriman buku-buku gratis kurang lebih 300.000 buku setiap bulannya dari para penerbit  sebagai bukti terbit. Perpustakaan ini juga sempat terbawa dalam film "National Treasure".


Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/National_Library_of_China
http://en.wikipedia.org/wiki/Library_and_Archives_Canada
http://www.anneahira.com
http://en.wikipedia.org/wiki/Library_of_Congress
http://id.wikipedia.org/wiki/Deutsche_Bibliothek
http://www.puncakdunia.com

1 Komentar

  1. Update Betting agen jud1 b0la terpercaya di 1ndonesia
    buruan daftar..

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak