Sepak bola saat ini sudah menjadi komoditas ekonomi yang
menggiurkan. Besarnya jumlah pecinta olahraga ini menjadi pangsa pasar nan
seksi bagi tiap pengusaha. Apapun bisa dijual dari sepak bola. Mulai dari
atribut hingga citra dari klub atau pemain. Maka tak ayal menjadi sponsor bagi
klub sepak bola diyakini sebagai salah satu promosi yang tepat dan efektif.
Perusahaan maskapai penerbangan salah satunya. Semakin dikenalnya satu maskapai
membuat perusahaan tersebut meraup untung besar dari para konsumen burung besi
ini.
Sponsorship Today, sebuah konsultan pemasaran dari Inggris, merilis
laporan yang mana besaran belanja sponsorship dari industri penerbangan
mencapai sekitar USD 515 juta per tahun secara rerata. Angka ini setara dengan
Rp 5,4 triliun jika menggunakan kurs saat ini yakni Rp 10.489 per USD.
Garuda Indonesia menjadi salah satu maskapai yang ikut berkecimpung
dalam sponsorship klub sepak bola. Pengamat marketing Rhenald Kasali mengaku
tidak heran banyak perusahaan nasional yang menjadi sponsor klub sepak bola
Eropa.
"Sekarang saatnya masuk (ekspansi) ke Eropa karena mereka
sedang krisis. Mereka kesulitan dana karena budget untuk sponsor dan promosi
ditekan, dan ini peluang bagi kita untuk masuk," ungkap Rhenald kepada
merdeka.com.
Apa keuntungan yang diperoleh perusahaan dengan menjadi sponsor
klub-klub tersebut? Salah satunya adalah positioning perusahaan dan produknya
di pasar dunia. Lalu apa saja maskapai yang menjadi sponsor klub sepak bola?
Berikut merdeka.com mencoba merangkum beberapa perusahaan tersebut.
1. Garuda Indonesia
Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia secara resmi telah
menjadi bagian dari sponsor klub sepak bola Liga Inggris Liverpool. Direktur
Pemasaran Garuda Indonesia Elisa Lumbantoruan menjelaskan kerjasama ini dilakukan
untuk mencapai tujuan Garuda menjadi maskapai penerbangan global dalam waktu
dekat. Promosi besar-besaran diakui sebagai salah satu cara mengangkat brand
maskapai penerbangan pelat merah tersebut.
Menjadi sponsor bagi klub besar di Liga utama Inggris diyakini
sebagai salah satu cara promosi yang tepat bagi Garuda agar dikenal secara
Internasional. Liverpool memiliki nama besar di Liga Inggris. Sedangkan Liga
Inggris adalah kompetisi sepak bola yang memiliki jumlah penonton terbanyak di
dunia.Kerjasama ini menempatkan Garuda Indonesia sebagai Global Official
Airline bagi Liverpool. Maskapai pelat merah ini akan digunakan oleh Liverpool
setiap tur yang dilaksanakan ke berbagai negara di wilayah Asia dan Australia.
Manajemen Liverpool juga memberikan kesempatan bagi Garuda
Indonesia untuk melaksanakan program campaign marketing komunikasi melalui
berbagai fasilitas yang dimiliki Liverpool. Fasilitas tersebut semisal memasang
logo Garuda Indonesia pada Light Emitting Diode (LED) di sisi lapangan stadion
Anfield pada setiap pertandingan yang dilakoni Liverpool dan disiarkan oleh
jaringan televisi utama berbagai negara di belahan dunia.
2. Emirates
Maskapai asal Dubai, Uni Emirat Arab ini pertama kali muncul
sebagai pemberi sponsor klub sepak bola pada 2004. Pada tahun tersebut Emirates
menjalin kerjasama sponsorship dengan klub sepak bola Liga Inggris, Arsenal.
Kerjasama ini memungkinkan Emirates untuk memasang nama perusahaan pada kostum
depan Arsenal dan menjadikan stadion kandang klub berjuluk meriam London ini
menggunakan namanya.
Melalui kerjasama ini, Arsenal mendapat dana sebesar Rp 766 miliar
melalui pemasangan nama di kostum dan Rp 670 miliar dari nama stadion
masing-masing per tahun. Selain Arsenal, Emirates juga bekerjasama dengan
beberapa klub sepak bola dunia lainnya seperti AC Milan asal Italia dengan
nilai Rp 398 miliar, Hamburg SV asal Jerman bernilai Rp 135 miliar dan Paris
Saint Germain asal Perancis senilai Rp 325 miliar.
3. Etihad
Maskapai yang juga berasal dari Dubai, Uni Emirat Arab ini menjadi
sponsor klub sepak bola Liga Inggris Manchester City. Jalinan kerjasama ini
sudah terajut sejak 2009 dengan durasi 10 tahun. Sama dengan Arsenal dengan
Emiratesnya, kerjasama Manchester City dan Etihad memungkinkan nama maskapai
ini terpampang di kostum depan dan nama stadion. Melalui kerjasama ini maka
Manchester City akan mendapat dana segar sekitar 20 juta Euro.
4. Qatar Airways
Pada 2012, Barcelona dan Qatar Sports Investment (QSI) bersepakat
untuk mencantumkan logo Qatar Airways di jersey klub asal Catalan, Spanyol ini
pada musim 2013/2014 sebagai sponsor utama. QSI adalah sebuah divisi khusus
dari Qatar Foundation yang menangani bidang keolahragaan. Qatar Airways menjadi
maskapai penerbangan pertama yang mampu menjadi sponsor utama Barca. Kerjasama
antara Qatar Airways dan Barcelona ini akan berlangsung selama tiga tahun
hingga 2016. Menurut berita yang dilansir Marca, dari kerja sama dengan QSI ini
Barcelona telah meraup keuntungan sebesar 170 juta euro atau sebesar Rp 2,1
triliun.
5. AirAsia
Pada 2010, maskapai asal Malaysia AirAsia menjadi mitra resmi klub
sepak bola liga Inggris yaitu Queens Park Rangers (QPR). Melalui kemitraan ini
maka nama AirAsia akan terpasang pada kostum depan QPR pada musim 2011/2012 dan
2012/2013. Di samping sponsorship pada kostum, AirAsia juga mendesain pesawat
dengan livery QPR dan menyediakan penerbangan bagi pemain-pemain serta ofisial
klub dalam rangka tur pra-musim 2012/2013 ke beberapa negara di kawasan Asia.
Selain QPR, rencananya AirAsia juga akan menjadi sponsor klub sepak bola
nasional yakni Persebaya asal Surabaya, Jawa Timur.
Sumber : merdeka.com
Update Betting agen jud1 b0la terpercaya di 1ndonesia
BalasHapusburuan daftar..