Instagram
awalnya diciptakan sebagai sosial media untuk upload gambar atau foto
dari smartphone pengguna. Sama halnya seperti sosial media lain,
fungsinya pun bergeser pula seiring banyaknya bisnis yang menggunakannya
untuk keperluan marketing. Tidak jarang kita temui online shop yang
menggunakannya sebagai sarana untuk promosi. Sebab pengguna Instagram
jumlahnya banyak dan aktif (justru mungkin lebih aktif dibanding
Facebook). Nah, bagi anda yang ingin mulai memanfaatkan Instagram untuk
bisnis anda, berikut kami berikan 10 strategi marketing di Instagram.
1. Unggah foto produk terbaik.
Ketika kita menggunakan Instagram di
handphone untuk mengambil foto sebuah produk. Tentu saja hasilnya tidak
akan sebagus ketika kita mengambil gambar produk dengan menggunakan
kamera yang bagus. Sehingga kita perlu selektif memilih gambar terbaik
sebelum kita upload ke Instagram.
2. Jangan terlalu banyak effect.
Foto yang kita upload tentu saja banyak
kekurangannya, sehingga sudah pasti kita akan menggunakan fasilitas edit
gambar di Instagram. Namun alangkah baiknya ketika hendak edit foto,
kita mempertimbangkan pula kondisi barang yang akan kita jual. Agar
transaksi yang goal dari Instagram tidak mengecewakan customer, karena
barang yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan fotonya.
3. Follow sebanyak-banyaknya.
Banyak orang yang enggan untuk memfollow
lebih dulu. Namun ketika kita bicara tentang bisnis pada umumnya,
jangan pernah sungkan. Anda dapat berinisiatif untuk follow calon
pelanggan terlebih dahulu. Sehingga mereka bisa mencari tahu siapa kita
dari foto-foto milik kita ketika kita memfollow mereka.
4. Gunakan nama akun yang mudah diingat.
Ketika anda memilih nama akun untuk
berbisnis melalui sosial media seperti Instagram, maka anda perlu
memperhatikan pemilihan nama akun anda. Karena bagaimanapun, nama yang
mudah diingat dan menarik adalah nama yang akan dicari calon pembeli
ketika mereka tertarik dengan produk kita.
5. Tunjukkan bagaimana cara pembuatan.
Apabila barang yang kita jual berupa
makanan atau minuman. Kita juga bisa mengupload gambar proses
pembuatannya. Atau video (Instagram telah mendukung upload video). Tidak
perlu semuanya, namun hanya proses intinya saja. Sehingga para pembeli
tidak penasaran dengan asal – usul barang yang ingin kita jual. Kita
juga bisa menunjukkan gambar dari proses perencanaan hingga pengiriman.
6. Tunjukkan kegunaan produk.
Apa yang pembeli inginkan adalah apa
yang mereka butuhkan. Sehingga produk yang ingin mereka beli adalah
produk yang mereka butuhkan. Sehingga sangat perlu kita menunjukkan
gambar dari kegunaan produk tersebut. Hal ini tentu saja sangat berguna
bagi pembeli yang tidak tahu produk apa yang kita jual. Seperti make-up,
tentu saja para konsumen memerlukan bukti atau sekedar demo bagaimana
produk tersebut digunakan.
7. Tunjukkan foto toko offline anda.
Apabila anda memiliki toko online yang
sekaligus toko offline, anda juga perlu menunjukkan kepada pelanggan
tentang bagaimana toko anda. Tidak perlu gambar keseluruhan bagian dari
toko anda. Hanya seperti nampak toko bagian depan, dan jika ada, nama
jalan yang akan menunjukkan konsumen ke toko offline anda. Sehingga
apabila konsumen ingin berkunjung langsung, mereka mudah mengenali
gambar toko anda. Hal ini cocok untuk usaha seperti usaha kuliner.
8. Berbagi foto Behind the scene.
Iklan merupakan suatu hal yang penting
bagi usaha. Ketika kita membuat iklan meskipun tidak berskala besar.
Namun perlu rasanya kita menunjukkan juga bagaimana proses iklan
tersebut dibuat. Berikan followers atau pelanggan anda kesan seolah olah
mereka memiliki akses backstage dari pembuatan iklan anda.
9. Tunjukkan foto event.
Ketika kita memilih untuk membuka
bisnis, tentu saja kita akan mencari tahu event apa yang sedang atau
ingin diadakan yang berkaitan dengan bisnis. Dan kita juga perlu untuk
sedikit berbagi kepada para pelanggan tentang event yang sedang kita
ikuti. Hal ini dimaksudkan untuk bisa mengenalkan apa saja kegiatan kita
selain berjualan.
10. Berikan sedikit hiburan.
Perlu kita ketahui, jika tujuan dari
instagram didirikan adalah agar setiap orang berbagi foto ataupun video.
Agar tidak terlalu monoton. Kita juga bisa memberikan sedikit hiburan,
seperti memberikan foto lucu, atau video lucu. Namun tidak mengurangi
kapasitas foto produk yang ingin kita jual. Dan bagi para followers juga
tidak akan menolak jika kita mengunggah foto – foto lucu.
Selamat mencoba ;-)