Hollywood Terbesar Bakal Dibangun di China

Headline
Dalian Wanda Group milik orang terkaya China, Wang Jianlin, mengungkapkan rencana membangun studio film terbesar di dunia di kota Qingdao, timur China.


Wang Jianlin, konglomerat properti tersebut berniat menanamkan investasi sebesar 30 milyar Yuan (sekitar $ 5 milyar) di kota itu. Kawasan mirip Hollywood yang akan disebut Qingdao Oriental Movie Metropolis ini menempati lokasi tanah seluas 540 hektar, dan akan terdiri atas 20 studio film.

Satu di antaranya adalah panggung bawah air seluas 10 ribu meter persegi. Di samping juga dibangun museum lilin, pusat pameran, klub kapal pesiar, hotel dan fasilitas turis serta kegiatan seni budaya lainnya.

Kompleks perfilman yang rencananya rampung pada 2017 ini diharapkan mampu menghadirkan 30 panggung hiburan dari luar negeri dan 100 pagelaran saban tahun. Wang yang tahun lalu membeli jaringan bioskop Amerika AMC ini, mengharap industri perfilman Cina akan melampaui industri AS pada 2018, dan keuntungannya berlipat ganda pada 2023.

“Pertumbuhan penduduk China yang 1,3 miliar, mendorong industri film global harus berpartner dengan China, karena bakal meraup banyak untung,” kata Wang berharap. Ia telah mengontrak John Travolta, Catherine Zeta Jones, Nicole Kidman dan Leonardo DiCaprio bernilai total US$ 50 juta untuk hadir dalam upacara pembangunan proyek raksasa bulan lalu. Demikian dikutip Chinadaily. [mdr]

sumber : INILAH.COM

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak