Keindahan Panorama Ladakh, Tempat Syuting Film 3 Idiots

Sesaat setelah menonton 3 Idiots ada 2 hal yang muncul di benak saya yaitu puas menonton selain filmnya bagus, juga gara-gara ditemenin , dan kekaguman melihat panorama indah yang menjadi lokasi syuting film. Tempat itu adalah Ladakh.

Setelah mencari info di google saya mengetahui bahwa Ladakh merupakan sebuah dataran tinggi tertinggi di India di negara bagian Kashmir. Daerah ini merupakan daerah dengan jumlah penduduk terminim di Kashmir. Tak heran pada adegan di film daerah ini terasa begitu sunyi.
Adegan ending pada film 3 Idiots ( dimana akhirnya Farhan, Raju, Pia, dan Chatur menemukan Rancho ) membuat saya terpana ketika diperlihatkan betapa indahnya lereng lereng gunung dengan air sungai yang jernih. SubhanAllah. 

Kesimpulan lain yang saya tangkap adalah bahwa di zaman serba modern seperti sekarang, film bisa menjadi sebuah media promosi pariwisata yang manjur dan mengena. Jika 3 Idiots mengedepankan Ladakh, Indonesia mempromosikan Belitong dan kawasan pegunungan Wamena melalui film Laskar Pelangi dan Denias.

Foto- foto Ladakh :

Ladakh

Banyak tempat wisata dan hal-hal menarik patut dikunjungi di India. Penulis yang juga travel writer, Ade Nastiti, membocorkan tempat paling seru di India.

Ade Nastiti, seorang penulis dan traveler, mengaku sangat senang pelesir ke India. Ade bahkan telah mengunjungi India dan negara tetangganya, Nepal, selama tujuh kali. Dari banyaknya kunjungan tersebut, Ade menulis buku Two Travel Tales: Menguak Eksotisme India & Nepal.
Dari semua tempat di India, diakui Ade, yang paling menarik adalah Ladakh. Ladakh berada di bagian timur Jammu dan Kashmir, yang merupakan salah satu tempat tertinggi di muka Bumi karena berada di Pegunungan Himalaya.

"Ladakh masih jarang sekali diekspos, padahal wilayah ini luar biasa indah," kata Ade dalam seminar Know India di Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Ladakh ini disebut Little Tibet, karena masyarakat yang hidup di sana lebih mirip dengan orang Tibet daripada orang India," ceritanya. Tak heran, Ladakh memang bertetangga dengan Tibet.


Ladakh adalah suatu wilayah yang memiliki padang pasir luas dan dihimpit gunung-gunung batu yang gelap. Mayoritas penduduk Ladakh merupakan penganut Buddhisme Tibet sedangkan sisanya adalah penganut Islam Syi'ah.

Karena keindahannya yang belum banyak terekspos inilah, Ladakh menjadi sangat menarik dikunjungi. Ladakh juga menjadi tempat yang sakral dan berkesan suci, karena begitu banyaknya biara Budha di wilayah ini.

Dan, karena letaknya berada di antara perbatasan India dan Tibet, yang juga masih disengketakan oleh China, di Ladakh terdapat banyak tentara berjaga. Namun, keadaan di sana masih relatif aman untuk wisatawan asing.

"Ladakh ini memang bagian dari India yang jarang diekspos di filmnya. Kalau mau melihat sekilas seperti apa Ladakh, tonton saja film 3Idiots yang terkenal itu," simpulnya.  

Sumber :
http://travel.okezone.com/read/2013/03/08/409/773145/ladakh-tempat-cantik-di-india-yang-jarang-diekspos
http://isthereloveinspace.wordpress.com/2010/03/28/keindahan-penorama-ladakh/
http://devilonwheels.com/index.php/stakna-hemis-and-chumathang-hot-springs-ladakh-2012/
http://mahak22.wordpress.com/2012/07/21/ladakh-the-adventure-of-a-lifetime/p1000755/

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak