4 Macam Manusia dalam Pandangan Syekh Abdul Qodir Jailani

syaikh_abdul_qadir_jailani.jpg
Dalam pandangan Syekh Abdul Qodir Jailani, manusia dibagi menjadi empat kategori, yaitu :
  • Pertama, Golongan manusia yang tidak punya hati dan lidah. Mereka mayoritas masyarakat yang tidak peduli tentang kebenaran dan keutamaan, hanya tunduk pada indra fisik saja.
  • Kedua, Golongan yang punya lidah, tetapi tidak punya hati. Kelompok ini adalah orang yang terpelajar dan memiliki retorika yang bagus, yang selalu menganjurkan umat untuk berbuat baik dan benar. Namun, mereka sendiri berbuat tidak sesuai dengan perkataannya sendiri, bahkan kebalikannya. Inilah orang yg pembicaraannya sangat menarik, tetapi hatinya jelek.
  • Ketiga, Golongan manusia yang punya hati, tetapi tidak punya lidah. Mereka inilah mukmin sejati, yang selalu sadar akan kelemahan dan kekurangan, sehingga berusaha terus mensucikan diri dari hal- hal kotor. Bagi mereka diam lebih baik dibandingkan berbicara, tetapi membingungkan umat.
  • Keempat, Golongan yang memiliki hati dan juga lidah. Mereka adalah orang yang mendapatkan pengetahuan sejati, dilengkapi dengan bimbingan dari Allah kemudian menjadi penyambung kenabian. Mereka adalah kelompok tertinggi setelah kelompok para nabi.
sumber : bloginfo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak