Tahukah Anda, Antimatter adalah Material termahal di dunia - $ 62,5Trilion/gram

“Benda” apa yang paling mahal yang pernah dibuat orang? Saya terpaksa menggunakan tanda kutip, karena “benda” ini disebut antimatter. Anti benda. Setiap miligram Antimatter menghabiskan biaya $300 miliar!



Antimatter ini dibuat dari antipartikel. Misalnya elektron yang bermuatan postif disebut positron, alias antielektron. Proton dengan muatan negatif disebut antiproton. Nah molekul yang disusun oleh antiproton dan antielektron ini disebut antimatter.

Antimater dibuat di CERN (Eropa) dan Stanford Linear Accelerator SLAC Palo Alto dan Fermilab Chicago (AS). Mereka berhasil membuat anti hidrogen dan anti helium. Ya, paling jadinya cuma beberapa atom, karena mahal sekali.

Antimatter tidak banyak di alam. Manusia lebih banyak berjumpa dengan matter, yakni benda di sekeliling kita. Mangapa seperti itu, tidak ada yang tahu, kecuali bahwa ada di suatu fase Big Bang di mana jumlah partikel lebih banyak dari antipartikel. Sebab pada kalaupun antimatter ada dan bertemu dengan matter, lawannya itu, akan terjadi anihilasi keduanya disertai ledakan energi sinar gamma. Sepuluhribu kali besar dari ledakan nuklir (empat kali order of magnitude).  Jadi kalau ada sumber antimatter alamiah yang bisa dikendalikan, maka kita akan mendapatkan energi yang sangat berlimpah.

Masih banyak memang yang saya belum mengerti tentang hal ini.  Tapi saya merasa excited rahasia alam dikuak ilmuwan.  Mahal sekali memang, $300 milyar untuk dapat satu miligram Antimatter.  Tapi semoga dengan pengertian yang lebih baik, hidup kita bisa menjadi lebih baik pula.

sumber : thecrowdvoice

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak