7 Tips Kunci Sukses Membuat Logo Perusahaan Anda


Logo itu ibarat wajah perusahaan Anda. Tujuannya adalah agar setiap orang dapat membedakan dengan mudah antara brand anda dengan kompetitor. Maka dari itu, logo harus dibuat seunik mungkin. Berikut adalah tips yang dapat anda terapkan ketika anda mulai membuat logo, atau mendesain ulang logo lama anda.

Simple
Logo yang baik adalah logo yang sederhana (simple). Logo dapat dimunculkan secara unik tanpa harus digambarkan berlebihan. Karena kesederhanaan akan membuat logo lebih mudah diingat dan fleksibel ketika diterapkan ke dalam berbagai media visual.

Unik
Originalitas sebuah logo juga harus diperhatikan agar ketika orang melihat logo anda, ia tidak mengingat produk lain selain produk anda. Apa yang anda ingat ketika saya menyebut buah apel? Pasti banyak sekali. Sedangkan kalau apel tergigit? Pasti bayangan anda langsung mengarah ke berbagai jenis gadget dari Apple. Jika ada perusahaan lain yang pakai konsep serupa, pastinya si pengikut akan dianggap sebagai plagiat.

Memorable
Logo yang mudah diingat akan membuat sebuah perusahaan bisa bertahan dalam ingatan konsumen. Logo yang mudah diingat kebanyakan adalah logo yang mempunyai bentuk yang sederhana dan orang dapat menerima dengan tepat bentuk yang ingin disampaikan oleh logo tersebut.

Applicable
Logo akan digunakan ke dalam berbagai media visual seperti stempel, akrilik, faktur dll. Oleh karena itu, sebuah logo yang baik harus bisa ditempatkan kepada berbagai kondisi dan tetap tidak kehilangan bentuk sebenarnya. Meskipun diperbesar dan diperkecil, logo harus tetap dapat dikenali.

Tahan lama
Tahan lama artinya dapat mengikuti perkembangan jaman. Logo seperti ini akan sangat menguntungkan perusahaan di masa depan. Sebab seiring populernya bisnis anda, maka redesign sebuah logo akan memakan banyak biaya dan waktu. Selain itu, perubahan logo juga dapat membingungkan konsumen dan bahkan bukan tidak mungkin anda bisa kehilangan pelanggan.

Sesuai imej
Logo yang baik adalah logo yang dapat menggambarkan perusahaan anda sesuai kesan yang ingin ditonjolkan.

Font yang tepat
Bentuk dari sebuah font menyuarakan makna tersendiri. Seperti font yang tipis akan terdengar seperti suara seorang wanita yang lembut dan halus, maka font yang tebal akan terdengar seperti suara yang berat dan tegas. Font yang tidak relevan akan menggiring pengunjung pada persepsi yang salah. Berikut adalah ciri khas bisnis dan font apa yang bisa anda gunakan:

Gembira = Cooper, Andy, Flowerchild.
Maskulin = Rockwell, Impact, Giant, Microgamma.
Feminim = Gabriola, Kalinga, Lucida Calligraphy, Bernhard Modern.
Formal = Corpid, Calson 540, Whitney Book, Cooperplate Ghotic, Gotham.
Gadget = Tiera Negra, Block Out, NeoTech.
Fashion = Birch.
Olahraga = Machine.

Warna
Logo Aqua. (foto : id.wikipedia.org)
Warna pada logo juga tak kalah penting untuk diperhatikan, warna identik dengan hal-hal berikut :

1. Biru tua
Arti : mendalam, perasa, bijaksana, tenang, spiritualitas, kontemplasi, misteri, kesabaran

2. Biru
Arti : kesetiaan, ketenangan, sensitif, bisa diandalkan, stabil

3. Biru muda:
Arti: teguh dan kokoh, pendirian yang tetap, damai, menyejukkan,

4. Hitam
Arti : Elegan, Kekuatan, sophisticated, abadi, klasik, universal, Misterius, independen, daya tarik.

5. Keabu-abuan
Arti : Serius, bisa diandalkan dan stabil
Warna abu-abu adalah warna alam. Di luar sana warna abu-abu merupakan warna yang permanen, misalnya batu atau karang.

6. Merah muda
Arti : Cinta, kasih sayang, kelembutan, feminin, menenangkan, cocok untuk kesan romantis bukan menggairahkan.

7. Merah
Arti : Kuat, berani, percaya diri, gairah. dinamis, dramatis, menggairahkan, produktiviti, perjuangan, persaingan, birahi, kekuatan, cita-cita, agresif, aktif, kemahuan keras, penuh gairah, dominasi, berwibawa, mengayomi dan Bila dipakai dalam dunia profesional memiliki kesan yang sangat kuat.

8. Kuning muda
Arti : Muda, gembira, imajinasi, meningkatkan konsentrasi, persahabatan, pencerahan, akal, ketegasan, dermawan, sifatnya menstimulasi otak dan membantu pencernaan

9. Kuning tua
Arti : intelektualitas, kegembiraan, cukup santai, mempunyai cita-cita setinggi langit, optimisme,

10.Hijau
Arti : Kesejukan, keberuntungan, dan kesehatan, alam, kehidupan, simbol fertilitas, pertumbuhan, kesuburan, harmoni, menenangkan, menyegarkan, Sifat positifnya, optimisme, kebebasan, keseimbangan, ketabahan.
sumber : 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak