RSS Feeds

Rabu, 04 Desember 2013

Benarkah Burung Garuda itu Elang Jawa ? Inilah Asal-usul Lambang Burung Garuda

Burung GarudaPernahkah terlintas dalam pikiran anda mengenai asal-usul lambang negara kita. Ya, Burung Garuda merupakan lambang negara kita. Dari segi bentuknya memang sangat mirip nyaris tidak ada bedanya dengan Burung Elang Jawa. Lalu, benarkah asal-usul Burung Garuda itu memang Elang Jawa?

Garuda, apakah Garuda itu? Menurut wikipedia Garuda (Sanskerta: Garuḍa dan Bahasa Pāli Garula) adalah salah satu dewa dalam agama Hindu dan Buddha. Ia merupakan wahana Dewa Wisnu, salah satu Trimurti atau manifestasi bentuk Tuhan dalam agama Hindu. Garuda digambarkan bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah. Paruh dan sayapnya mirip elang, tetapi tubuhnya seperti manusia. Ukurannya besar sehingga dapat menghalangi matahari. Dari pengertian yang ada di wikipedia saja sudah jelas bahwa Garuda itu bukanlah Elang Jawa.

Sedikit penjelasan:
Dimulai dari pengertian burung Garuda tadi, yang mengatakan bahwa Garuda itu merupakan dewa dalam agama Hindu dan Budha. Asal nama Garuda yang diceritakan ini berarti berasal dari negara asal penganut agama Hindu dan Budha yakni berasal dari anak benua India. (baca : Hindu , Budha). Jadi jelas berbeda dengan Elang Jawa yang merupakan hewan endemik Indonesia.

Alasan kedua, Garuda lambang negara Indonesia berasal dari mitologi Hindu dan dirancang berbeda dari aslinya. (ingat hanya didesain mirip elang jawa, bukan berarti elang jawa). Berikut rancangan lambang negara Indonesia.
Burung Garuda
Rancangan lambang negara di atas mendapat masukan dari Partai Masyumi untuk dipertimbangkan kembali, karena adanya keberatan terhadap gambar burung Garuda dengan tangan dan bahu manusia yang memegang perisai dan dianggap terlalu bersifat mitologis. Kemudian disempurnakan menjadi seperti gambar di bawah.
Burung Garuda
Pada tanggal 20 Maret 1950 Soekarno memerintahkan pelukis istana, Dullah, melukis kembali rancangan tersebut; setelah sebelumnya diperbaiki antara lain penambahan "jambul" pada kepala Garuda Pancasila, serta mengubah posisi cakar kaki yang mencengkram pita dari semula di belakang pita menjadi di depan pita, atas masukan Presiden Soekarno. Dipercaya bahwa alasan Soekarno menambahkan jambul karena kepala Garuda gundul dianggap terlalu mirip dengan Bald Eagle, Lambang Amerika Serikat. Dan jadilah Lambang Negara Indonesia seperti di bawah ini.
Burung Garuda
Di atas merupakan Burung Garuda Lambang Negara Indonesia yang saat ini kita kenal.

Lalu mengapa banyak orang yang menganggap elang jawa sebagai burung garuda?
Kemungkinan pertama karena bentuknya yang sangat mirip dengan elang jawa. Lihat gambar di bawah ini, sangat miripkan?
Burung Garuda
Pantas saja kalau banyak orang mengira bahwa burung Garuda itu Elang Jawa (seperti halnya saya dulu). Namun, kenyataannya Gaura dan Elang Jawa itu berbeda. Dan kemiripan itu karena memang dirancang mirip Elang Jawa.

Makna Burung Garuda Lambang Negara Indonesia :
  1. Garuda Pancasila sendiri adalah burung Garuda yang sudah dikenal melalui mitologi kuno dalam sejarah bangsa Indonesia, yaitu kendaraan Wishnu yang menyerupai burung elang rajawali. Garuda digunakan sebagai Lambang Negara untuk menggambarkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan negara yang kuat.
  2. Warna keemasan pada burung Garuda melambangkan keagungan dan kejayaan.
  3. Garuda memiliki paruh, sayap, ekor, dan cakar yang melambangkan kekuatan dan tenaga pembangunan.
  4. Jumlah bulu Garuda Pancasila melambangkan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, antara lain:
    1. 17 helai bulu pada masing-masing sayap
    2. 8 helai bulu pada ekor
    3. 19 helai bulu di bawah perisai atau pada pangkal ekor
    4. 45 helai bulu di leher
Begitulah penjelasan singkat mengenai Burung Garuda
sumber ; hertzer-zone

Comments
1 Comments

1 komentar:

Wrestling Culture mengatakan...

Very nice post I like it,Thanks for sharing

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...