Presiden Iran Ucapkan Selamat Natal untuk Paus Fransiskus

Hassan Rouhani (Foto: Press TV) Hassan Rouhani (Foto: Press TV)
 
TEHERAN - Presiden Iran Hassan Rouhani mengirimkan pesan Natal kepada Paus Fransiskus. Uniknya, pesan ini disampaikannya melalui Twitter.

"Salam kepada @Pontifex (akun resmi Paus Fransiskus) atas kelahiran Yesus Kristus, nabi pembawa kasih, pengampuan dan persahabatan serta mengharapkan tahun baru yang dipenuhi kedamaian dan kemakmuran," tulis Rouhani kepada Paus Fransiskus, seperti dikutip Mirror, Kamis (26/12/2013).

Presiden Iran yang baru ini memang lebih moderat dibanding pemimpin Iran terdahulu. Tiga bulan lalu dirinya mengucapkan selamat tahun baru bagi warga Yahudi.

Ucapan pesan Natal Rouhani kepada Paus Fransiskus ini, merupakan cara bagi Rouhani untuk mengubah kebijakan terhadap Barat. Rouhani dinilai ingin lebih bersikap lebih lembut terhadap Barat.

Rouhani merupakan Presiden Iran yang menjalani pendidikan di Negara Barat, lebih tepatnya di Skotlandia. Dirinya mampu berbahasa Inggris dan terus mengupayakan normalisasi hubungan dengan Barat.

Sebelumnya, Rouhani sempat pula berbincang melalui telefon dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama. Hal tersebut membuka peluang mencairnya hubungan AS dan Iran.

Selama 30 tahun lebih, hubungan AS dan Iran terisolasi. Namun tidak sepenuhnya sikap terbuka Rouhani didukung dari Iran. Banyak pihak yang mengecam keterbukaan dari Rouhani.

sumber : okezone

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak