Mungkin Anda Belum Pernah Melihat, Ada Kuil yang Bentuknya Menyerupai UFO

Wat Phra Dhammakaya adalah sebuah kuil Buddha yang sangat megah, yang berada di Distrik Khlong Luang, 16 kilometer di sebelah utara Bandara Internasional Bangkok. Ini menjadi pusat gerakan Dhammakaya, sebuah sekte Buddha yang didirikan pada tahun 1970.

Karena dianggap kontroversial, sekte ini kerap diserang karena ajaran agamanya yang dinilai tidak konvensional dan karena adanya komersialisasi agama Buddha. Monumen keagamaan ini bahkan diperkirakan bernilai sampai USD 1 miliar atau sekitar Rp 12 T.

Sebagai dilansir amusingplanet, Wat Phra Dhammakaya dinilai lebih mirip sebuah pesawat ruang angkasa, atau stadion olahraga atau bahkan UFO dibanding menyerupai sebuah kuil tradisional di Thailand.

Di tengah bangun megah itu terdapat sebuah kubah raksasa yang disebut Dhammakaya Cetiya. Kubah ini ditutupi dengan 300.000 patung perunggu Buddha yang dilapisi emas. Usut punya usut, ternyata kubah emas ini didirikan untuk mengenang sosok pendiri sekte Dhammakaya yang bernama Phramonkolthepmuni.

Ritual doa dan meditasi yang diadakan setiap hari do kuil ini dibantu oleh ribuan sukarelawan. Pada hari Minggu dan festival keagamaan besar, hampir 100.000 jamaah berkumpul di kompleks kuil. Tertarik untuk mengunjungi bangunan megah ini?



sumber :  Merdeka

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak