Mungkin Anda Belum Tahu, Ternyata Di Turki Ada Batman

Pemandangan cantik Batman di Turki dari ketinggian (Bulent Kilic/AFP/Getty Images)
Batman dikenal sebagai superhero asal Kota Gotham yang jago berduel dan punya peralatan serba canggih. Tapi ternyata, ada provinsi di Turki yang bernama Batman. Di sana pun terdapat banyak objek wisata cantik. Yuk, intip!

Beberapa destinasi di dunia punya nama yang unik, seperti Batman yang jadi nama provinsi sekaligus kota di Turki. Mungkin, Anda belum tahu sama sekali tentang keindahan di Batman.

Dilansir dari The Huffington Post, Senin (30/12/2013) Batman adalah provinsi di bagian tenggara Turki. Usut-punya usut, nama Batman tersebut pun tidak ada hubungannya dengan superhero Batman. Namun tetap saja, namanya sudah menjadi unik dan daya tarik tersendiri bagi traveler.

Mari kenal lebih dekat dengan Batman, destinasi cantik di Turki ini. Setibanya di Batman, Anda bakal dibuat takjub dengan pemandangan yang memanjakan mata. Kota Batman dikelilingi oleh pegunungan yang berwarna cokelat. Belum lagi, kotanya pun dialiri oleh Sungai Tigris yang besar. Kalau Anda suka fotografi, rasanya tiap sudut Kota Batman elok dipandang.
Reruntuhan kota kuno Hasankeyf (Bulent Kilic/AFP/Getty Images)
Lalu, apa saja objek wisata di Batman? Di sana terdapat kota kuno bernama Hasankeyf di tepian Sungai Tigris. Kota kuno ini konon berumur 2.000 tahun dan jadi pusat peradaban ilmu serta budaya pada masanya. Sempat ditutup pada 30 Juli 2012 dengan alasan perbaikan, objek wisata ini sudah bisa didatangi sejak November 2013 lalu.

Hasankeyf ini adalah kota kuno yang unik. Sisa-sisa bangunan di sana merupakan perpaduan gaya bangunan Timur Tengah dan Romawi. Kota kuno ini pun punya banyak peninggalan bangunan yang menakjubkan. Anda bisa melihat The Old Tigris Bridge, yaitu jembatan yang dibangun tahun 1116 oleh Sultan Artuqid Fahrettin Karaaslan. Jembatan ini melintasi Sungai Tigris dan menjadi jembatan terbesar pada abad pertengahan.

Selain itu, di sana juga terdapat Masjid Ulu yang menurut perkiraan peneliti sudah berdiri tahun 1327. Lalu, ada juga istana seluas 2.350 m2 di sana. Satu lagi masjid yang paling terkenal di Hasankeyf adalah Masjid El Rizk yang dibangun pada abad ke-15 dan terkenal dengan menaranya yang punya tinggi puluhan meter.

Objek wisata cantik lainnya di Batman adalah Jembatan Malabadi. Jembatan yang dibangun tahun 1147 selama masa Kerajaan Artuk ini bentuknya melengkung. Panjangnya 150 meter dan tingginya 19 meter. Jembatan dari batu ini masih berdiri kokoh hingga sekarang dan mirip dengan jembatan yang ada di Venesia.

Untuk datang ke Batman, Anda bisa naik kereta dari Ankara atau Istanbul sekitar 2 jam. Batman wajib masuk daftar destinasi liburan Anda bila melancong ke Turki.
Sungai Tigris dengan latar pemandangan cantik (Bulent Kilic/AFP/Getty Images)
sumber : okezone

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak