Barca Permalukan City di Stadion Etihad

Selebrasi Pemain Barcelona (AFP/Paul Ellis)
Barcelona mendulang hasil positif kala bertandang ke markas Manchester City, Stadion Etihad, dalam leg pertama 16 besar Liga Champions, Rabu (19/2/2014) dini hari WIB. Barca berhasil menundukkan tuan rumah dengan skor 2-0.
Babak pertama berjalan cukup seru karena kedua tim silih berganti melancarkan serangan. Namun 15 menit pertama, duel berjalan dengan tempo sedang karena masing-masing masih mencari irama permainan.
Masuk menit ke-16, pertandingan berjalan sedikit kencang dan beberapa peluang tercipta. Di menit ke-18, City berhasil membuat pertahanan Barca goyah melalui aksi Alvaro Negredo di dekat gawang setelah mendapat umpan tarik David Silva.
Penyerang asal Spanyol itu mendapat kesempatan untuk melakukan tembakan dari dalam kotak penalti. Namun ia justru memberikan umpan ke depan mulut gawang. Akan tetapi tidak ada satu pun rekannya yang menyambut sehingga hilang peluang tersebut.
Di menit ke-25, City mendapat peluang emas yang berawal dari tendangan bebas David Silva. Bola sepakan gelandang asal Spanyol itu yang mengarah langsung ke dalam kotak penalti, membuat kemelut di depan gawang Barca.
Bola berhasil ditanduk Vincent Kompany, akan tetapi masih dapat ditangkap kiper Victor Valdes. Menit ke-26, Negredo melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tanpa mendapat kawalan berarti dari para pemain belakang Barca. Tetapi, sepakan kaki kirinya masih bisa ditangkap kiper Victor Valdes.
Pada menit ke-29, giliran Barca yang mendapat peluang melalui tembakan Lionel Messi dari depan luar kotak penalti. Namun bola masih melenceng di atas gawang City yang dikawal Joe Hart.
Selang dua menit kemudian, giliran Xavi Hernandez yang mengcancam gawang Hart melalui tembakannya dari depan luar kotak penalti. Namun Hart mampu menepis bola sehingga selamatlah gawang City dan skor kacamata bertahan hingga turun minum.
Di babak kedua, tempo permainan sedikit meninggi menyusul upaya City untuk mencetak gol agar bisa meraih kemenangan di kandang sendiri. Namun, justru gawang mereka yang kebobolan setelah wasit memberikan hadiah penalti kepada Barca.
Wasit memberikan penalti menyusul pelanggaran bek Martin Demichelis yang menekel Messi dari belakang di menit ke 54. Messi sendiri sebagai eksekutor, tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan papan skor berubah 1-0 untuk keunggulan Barca.
Sementara Demichelis sendiri, menerima sanksi keras dari wasit dengan dihukum kartu merah. Oleh karena itu, dalam waktu yang tersisa City akan bermain dengan 10 pemain.
Pada menit ke-81, Barca mampu menggandakan keunggulan kalau saja gol Gerard Pique tidak dianulir karena Fabregas sebagai pengumpan, terlebih dahulu berada di posisi offside.
Selang dua menit kemudian, Edin Dzeko yang masuk menit ke-74 menggantikan Negredo, gagal memperkecil ketertinggalan setelah sontekan jarak dekatnya mampu ditepis Valdes.
Menit ke-90, Barca membuat City kembali bertekuk lutut berkat gol yang dilesatkan Daniel Alves. Bek asal Brasil tersebut langsung menusuk ke kotak penalti City setelah mendapat umpan matang Nyemar dan menaklukkan Hart dengan sontekan kaki kanan.
Kemenangan ini menjadi keuntungan bagi Barca karena mencetak dua gol di kandang lawan. Sementara bagi City, membuat peluang untuk lolos ke babak 8 besar kian berat karena leg kedua nanti akan berlangsung di kandang Barca, Camp Nou, 13 Maret mendatang. (lul)

Susunan Pemain:
Man City: J. Hart; V. Kompany, M. Demichelis, G. Clichy, P. Zabaleta; A. Kolarov (Lescott 57'), David Silva (Nasri 58'), Y. Toure, Jesus Navas; Fernandinho, Negredo (Dzeko 74')
Barcelona: Victor Valdes; Dani Alves, Pique, Jordi Alba J. Mascherano; Fabregas (Roberto 86'), Iniesta, Xavi, Busquets, L. Messi, A. Sanchez (Neymar 74')

Statistik
whoscored.com
whoscored.com
sumber : Liputan6

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak