Diprediksi di 2050, ke Luar Angkasa Manusia Tak Perlu Menggunakan Pesawat

Space Elevator. ©2014 Ubergizmo.com
Nanti pada tahun 2050 diperkirakan manusia bisa ke luar angkasa tanpa harus baik pesawat ulang alik yang meluncur dengan jutaan liter bahan bakar untuk sumber tenaga roketnya.
Dilansir Ubergizmo (5/2), kemungkinan besar akan ada teknologi bernama 'space elevator' yang bisa mengantarkan manusia ke luar angkasa dengan sistem seperti naik lift pada pertengahan abad ini atau sekitar tahun 2050 mendatang.

Teknologi 'Space Elevator' sendiri saat ini sudah dikembangkan oleh profesor asal Nihon University bernama Yoshio Aoki beserta kelompok ilmuwan pimpinannya. Space Elevator sendiri akan dikembangkan dengan sistem elevator sebagaimana umumnya. Namun yang membedakan adalah kabel jalur elevator ini akan menjulang tinggi hingga ke luar angkasa.
Untuk percobaan pertamanya, kelompok ilmuwan dan insinyur ini berhasil membuat kabel elevator yang berdiri tegak hingga ketinggian 1,2 km.
Dengan ketinggian tersebut, elevator dilaporkan bisa bergerak ke atas dengan kecepatan 20 km/jam dan kecepatan turun hingga 40 km/jam.
Berdasarkan lansiran tersebut, selain nantinya bisa mengangkut manusia, Space Elevator ini nantinya bisa mengangkut berbagai macam barang ke luar angkasa dengan berbagai macam keperluan, yang mana salah satunya adalah untuk keperluan penelitian.
Selain itu, diperkirakan jika nantinya jenis transportasi baru ke luar angkasa ini membutuhkan biaya yang lebih sedikit dibanding harus menyiapkan kapal ulang alik beserta roket pendorongnya.
Semoga saja terobosan teknologi oleh para ilmuwan dan insinyur Jepang ini akan benar-benar terwujud pada 36 tahun mendatang.
sumber : merdeka

3 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak