Google Bikin Sayembara, Hacker yang Bisa Bobol Chrome OS, Rp.33 M Menanti

Google kembali menggelar sayembara yang ditujukan kepada para hacker di seluruh dunia untuk membobol celah keamanan pada sistem operasi Chrome (Chrome OS).

Kali ini kompetisi tersebut bertajuk `Pwnium 4`, yang rencananya akan digelar pada Maret 2014. Dalam ajang tahunan itu Google menggelontorkan total hadiah berupa uang senilai US$ 2,71828 juta atau sekitar Rp 33 milyar.

Para hacker dapat melakukan serangan terhadap Chrome OS melalui komputer jinjing berbasis ARM Chromebook (HP Chromebook 11 model Wi-Fi only) atau Acer Chromebook C720 (model Wi-Fi only versi 2GB) yang didasarkan pada mikroarsitektur Intel Haswell.

Menurut yang dilansir The Next Web, Jumat (24/1/2014), tahun lalu Google hanya memperbolehkan para hacker menggunakan Chromebook Series 5 550 dari Samsung dengan model basic Wi-Fi only.

Pada kompetisi yang digelar tahun 2013, Google berhasil membuktikan ketangguhan sistem operasi Chrome OS. Pasalnya semua hacker yang mengikuti kompetisi Pwned 3 (nama kompetisi yang digelar tahun 2013) tidak ada yang berhasil menemukan celah keamanan di Chrome OS.

Google mengklaim, Chrome OS merupakan sebuah platform yang sangat aman dan sulit untuk diretas. Sistem operasi ini dikembangkan berdasarkan Linux, bedanya dengan Chrome OS pengguna harus menginstal software melalui web.

Namun yang namanya OS tetap saja tidak ada yang sempurna. Pasti ada saja bugs yang tersisip dalam proses pengembangannya.
sumber : gaptekmu

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak