Inilah 7 Perusahaan yang Telah Diakuisisi Facebook

WhatsApp memang menjadi pembelian termahal sepanjang sejarah Facebook. Tapi tahukah Anda, WhatsApp bukanlah yang pertama dicaplok oleh raksasa jejaring sosial itu.

Setidaknya sejak tahun 2007, Facebook sudah aktif bergerliya mencomot perusahaan lain. Diklaim oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg, aksi akuisisi ini bukan untuk menutup pesaingnya, melainkan untuk memberikan pengalaman yang lebih kaya kepada pengguna situsnya.

Nah, berikut 7 perusahaan cukup terkenal yang sukses diambil alih Facebook  yang detikINET rangkum dari berbagai sumber.

1. Beluga
Pada 2 Maret 2011, Facebook membeli perusahaan software Beluga yang salah satu produknya adalah mengakomodir grup messaging. Pembelian start up asal Palo Alto ini tidak diketahui berapa nilai yang diajukan.

Teknologi yang dikembangkan Beluga sendiri akhirnya digunakan untuk memperluas fungsi di Facebook Messenger.

2. Snaptu
Masih di bulan Maret 2011, Facebook kali ini membeli perusahaan asal Israel bernama Snaptu. Sebagian besar pengguna ponsel fitur memakai layanan ini karena sangat user friendly sebagai Twitter client.

Facebook membeli Snaptu dengan harga di kisaran USD 60-70 juta sebagai perluasan layanan Facebook mobile untuk perangkat ponsel low end.

3. DayTum
Ini adalah pembelian setelah Snaptu, dimana akuisisinya dilakukan pada 27 April 2011.

Perusahaan berbasis di Soho, New York ini dibeli untuk memperkuat fungsi check in dan upload foto. Sayang tidak diketahui berapa nilai yang diajukan.

4. Sofa
Di bulan Juni Facebook membeli teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan asal Belanda, Sofa. Facebook kesengsem dengan aplikasi yang dibawa oleh Sofa. Tidak diketahui berapa nilainya.

5. Gowalla
Ini termasuk akuisisi yang cukup mengejutkan yang dilakukan oleh Facebook pada akhir tahun 2011. Banyak pengamat beralasan pencaplokan jejaring sosial berbasis lokasi, Gowalla, sebagai upaya untuk meredam laju Foursquare.

Meski pada kenyataannya, tidak lama kemudian Gowalla langsung ditutup keberadaannya.

6. Instagram
Ini yang paling gress dan panas di awal 2012. Facebook melakukan aksi take over dengan nilai fantastis mencapai USD 1 miliar atau Rp 9,1 triliun. Zuckerberg memastikan aplikasi ini akan berdiri sendiri, tanpa embel-embel bakal dilebur ke Facebook.
sumber : Detik
7. WhatsApp
foto : dcc-dp.org
Facebook semakin melebarkan sayapnya. Setelah membeli Instagram, kini raksasa jejaring sosial itu membeli WhatsApp senilai US$ 19 miliar atau sekitar Rp 223 triliun (kurs USD 1 = Rp 11.750). 
sumber : Liputan6 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak