Kampus ini Naik Ke Peringkat Pertama Sebagai Kampus Terpopuler Indonesia 2014

Ilustrasi : laman ITB/www.itb.ac.id
Setelah puas menjadi situs kampus terpopuler di Indonesia pada 2013, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta harus rela turun tahta. Pada pemeringkatan 4 International Colleges & Universities (4ICU) versi Januari 2014, UGM berada di peringkat dua setelah Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pada dasarnya, tiga besar di tingkat nasional tidak mengalami perubahan. Selain UGM, Universitas Indonesia (UI) pun terpaksa turun satu peringkat dan kini menghuni ranking tiga. Demikian seperti dikutip dari www.4icu.org, Minggu (2/2/2014).

Di posisi empat, terdapat kampus asal Malang, yakni Universitas Brawijaya (UB) yang naik tiga peringkat dari ranking tujuh. Kemudian, peringkat lima dihuni Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang juga naik tiga peringkat.

Selanjutnya, pada posisi enam terdapat Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang berhasil naik tiga peringkat. Menggantikan posisi UB pada Juli 2013, terdapat Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung yang terpaksa turun satu peringkat dari tahun lalu.

Beralih ke peringkat delapan, terdapat satu-satunya kampus swasta yang masuk dalam jajaran 10 besar, yakni Universitas Gunadarma. Diikuti Institut Pertanian Bogor (IPB) pada posisi sembilan. Kedua universitas itu mengalami kenaikan peringkat cukup tajam mengingat UG dan IPB tidak berada dalam jajaran 10 besar pada pemeringkatan Juli lalu.

Sementara itu, tempat ke-10 dihuni oleh Universitas Airlangga (UA). Serupa dengan UG dan IPB, kampus asal Surabaya itu juga tidak masuk dalam 10 besar situs kampus terpopuler di Indonesia pada Juli 2013.

Berikut urutan 10 besar situs kampus terpopuler di Indonesia versi 4ICU periode Januari 2014.
1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
2. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta
3. Universitas Indonesia (UI)
4. Universitas Brawijaya (UB) Malang
5. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
6. Universitas Diponegoro (Undip) Semarang
7. Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung
8. Universitas Gunadarma (UG)
9. Institut Pertanian Bogor (IPB)
10. Universitas Airlangga (UA) Surabaya
sumber : okezone

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak