Wisata ke 5 Tempat ini Serasa Berkunjung ke Planet Lain

Tempat-tempat wisata berikut ini memiliki pemandangan aneh yang tidak tampak seperti di Bumi. Hal ini disebabkan karena adanya proses alam selama jutaan tahun.

Namun hal tersebut justru semakin menarik wisatawan untuk datang melihatnya, dan merasakan sensasi berada seperti di luar planet bumi. Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari CNN:

 

Pulau Sokotra, Yaman
Pulau Sokotra, Yaman (Foto: panoramio)
Pulau Sokotra terletak di Samudra Hindia, 380 kilometer sebelah selatan jazirah Arab. Kepulauan Sokotra sangat terisolasi dan sepertiga flora yang ada di kepulauan ini tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Iklim di kepulauan ini sangat panas dan kering, tapi memiliki pantai indah dan lereng kapur yang menakjubkan dan penuh goa sedalam rata-rata tujuh kilometer. Ada juga pegunungan yang tingginya lebih dari 1525 meter.

Yang membuat Kepulauan Sokotra lain daripada yang lain adalah tanaman-tanaman yang hidup di dalamnya, misal pohon darah naga, sebuah pohon dengan cabang-cabang besar yang mengarah ke atas dan tampak seperti jamur raksasa. Kemudian mawar gurun, yang tidak seperti tanaman mawar kecil, mawar ini justru tumbuh di pohon besar yang tampak seperti kaki gajah. Semua tumbuhan aneh ini membuat Sokotra dijuluki sebagai Kepulauan Alien.

Kepulauan ini, meskipun sangat aneh, dihuni 40.000 penduduk, dan dijadikan situs Warisan Dunia UNESCO. Menuju pulau ini sangat sulit dan untuk menjelajahinya pasirnya yang panas, wisatawan disarankan mengendarai unta. Pulau ini juga merupakan surga bagi burung. Sekira 140 spesies burung hidup dan 10 spesies di antaranya tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia ini. Di perairan kepulauan ini, terdapat banyak kapal yang tenggelam bertahun-tahun lalu. Bangkai kapal ini kemudian dijadikan situs diving oleh Pemerintah Yaman.

Utah, Amerika Serika
Glen Canyon, Utah (Foto: mrwallpaper)
Bila berwisata ke Amerika Serikat, kebanyakan turis memilih ke destinasi-destinasi populer, seperti Los Angeles, Las Vegas, atau New York. Padahal, di Amerika Serikat masih banyak destinasi lain yang tak kalah menarik dan sayang bila diabaikan.

Salah satunya adalah Utah. Utah merupakan sebuah negara bagian di sebelah barat Amerika Serikat, di dekat pegunungan Rocky. Ibu Kota Utah adalah Salt Lake City.

Karena berada di wilayah pegunungan, Utah memiliki tekstur wilayah kasar dan kering, namun memiliki pemandangan alami yang spektakuler. Karena pemandangannya yang indah ini, Utah populer sebagai destinasi petualangan, terutama di musim panas dan musim dingin.

Di Taman Nasional Canyonlands dan Archers di negara bagian Utah sebelah Tenggara terdapat sebuah pemandangan seperti planet Mars, dengan lengkungan kasar dan formasi batu-batu pasir raksasanya. Kunjungi taman nasional ini saat musim panas untuk benar-benar merasakan sensasi merahnya Planet Mars.

Wadi Rum, Yordania
Wadi Rum, Yordania (Foto: jordanjubilee)
Wadi Rum atau lebih dikenal dengan Bukit Bulan adalah sebuah padang gurun dengan formasi batu pasir dan granit di sebelah selatan Yordania. Secara keseluruhan, pemandangan gurun ini bernuansa kemerahan dan beriklim panas layaknya gurun Timur Tengah.

Menjelajah Wadi Rum akan membuat Anda bak di planet lain. Padang yang kosong dan hanya diisi beberapa potongan batu pasir raksasa, serta suku Badui yang sesekali lewat akan menemani penjelajahan Anda di gurun ini.

Lokasinya yang tampak asing seperti permukaan planet di luar Bumi ternyata menarik hati para pembuat film Hollywood untuk menjadikannya lokasi syuting. Film-film aksi yang melibatkan mahkluk luar angkasa, seperti Red Planet, Transformers: Revenge of the Fallen, dan Prometheus mengambil lokasi di gurun yang panas ini.

Tsingy de Bemahara, Madagaskar
Tsingy de Bemahara, Madagaskar (Foto: tuxboard)
Hutan dengan rimbunan pepohonan? Sudah biasa! Di Afrika, ada hutan yang rimbun bukan dengan pepohonan, melainkan batu.

Tsingy de Bemahara adalah sebuah hutan yang tiada duanya. Hutan disini bukan dipenuhi oleh pepohonan, melainkan batu-batu karst tinggi besar dengan struktur kasar, yang tingginya bisa mencapai 200 meter. Hutan ini terbentuk jutaan tahun lalu akibat pergerakan lempeng tektonik.

Atraksi wisata di Tsingy de Bemahara biasanya adalah panjat tebing. Tsingy de Bemahara masuk dalam kawasan Taman Nasional Tsingy de Bemahara yang sejak 1990 masuk daftar Situs Warisan Dunia UNESCO karena memiliki formasi geologis yang unik.

Padang Garam Salar de Uyuni, Bolivia
Salar de Uyuni, Bolivia (Foto: yesadventures)
Salar de Uyuni adalah daerah dengan kandungan garam terbesar di dunia. Salar de Uyuni terletak di barat daya Bolivia, dekat puncak Andes. Mineral utama yang ditemukan di dalamnya adalah garam karang dan gipsum.

Membentang disebuah area sebesar 13.000 kilometer, padang garam berwarna putih bersih ini benar-benar terlihat tidak seperti di bumi. Salar de Uyuni punya keunggulan ukuran yang besar, permukaan halus, pantulan permukaan yang tinggi ketika tertutup air dangkal, dan ketinggian minimal deviasi. Ini yang menjadikan Salar de Uyuni target ideal untuk pengujian dan kalibrasi instrumen penginderaan jarak jauh satelit yang mengorbit dan digunakan untuk mempelajari Bumi.

Salar de Uyuni diperkirakan mengandung 10 miliar ton garam.. Setiap November, Salar de Uyuni juga merupakan tempat berkembang biak tiga spesies flamingo Amerika Selatan, yakni Chili, James, dan Andes flamingoes.

Diperkirakan, salar de Uyuni ini mengandung 10 miliar ton garam. Saat hari cerah, permukaan garam yang putih memantulkan cahaya matahari dengan sempurna dan membuat batas antara daratan dengan horizon menjadi tipis.
sumber : detik

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak