Tekuk Crystal Palace, Arsenal Bertengger Di Puncak

Chamberlain bawa Arsenal ke puncak. © AFP
Arsenal menjamu sesama tim London Crystal Palace dalam matchday 24 Premier League di Emirates Stadium pada Minggu (02/02). Arsenal butuh kemenangan dalam laga ini untuk bisa merebut posisi puncak klasemen sementara Premier League.

Meski sempat kesulitan pada babak pertama, Arsenal sukses memperoleh kemenangan pada babak kedua. Dua gol Alex Chamberlain sukses menuntaskan misi Arsenal untuk mengkudeta Manchester City dari puncak klasemen.

Arsenal mengambil inisiatif menyerang mulai awal pertandingan. Mereka sukses mendominasi lini tengah sekaligus mendikte permainan. Palace nampaknya cukup puas dengan bertahan saja.

Arsenal mendapat peluang emas ketika umpan terobosan Mesut Ozil sampai di kaki Nacho Monreal. Sayang bagi Arsenal, tembakan Monreal masih membentur kaki kiper Palace Julian Speroni.

Tak banyak peluang matang yang diciptakan Arsenal sepanjang babak pertama. Kebanyakan peluang Arsenal bisa dihalau dan diselamatkan dengan baik oleh Speroni yang tampil cukup bagus.

Meski memegang kendali, The Gunners kesulitan menembus pertahanan Palace yang rapat dan disiplin pada babak pertama. Skor kacamata bertahan hingga memasuki waktu jeda.

Arsenal langsung menghentak ketika permainan kembali dilanjutkan pada babak kedua. Dua menit laga babak kedua berjalan, Alex Chamberlain sukses membobol pertahanan Palace.

Gol ini tercipta dengan skema yang apik. Santi Cazorla menguasai bola di depan kotak penalti Palace dan kemudian mengirim umpan chip cantik kepada Chamberlain yang berlari. Chamberlain mengontrol bola lebih dulu sebelum melepas tendangan setengah voli yang sukses memecah kebuntuan.

Ketinggalan, Palace mau tak mau harus mulai menyerang. Namun transformasi taktik Palace tidak berjalan dengan baik, terutama karena mereka tak bisa mengkreasi peluang selain dengan serangan balik. Hanya satu peluang emas yang diciptakan Palace ketika diving header Cameron Jerome masih mampu diblok Szczesny.

Arsenal justru kembali mencetak gol pada menit ke-73, lagi-lagi lewat kaki Chamberlain. Bergerak dari tengah, Chamberlain melakukan umpan satu-dua dengan Olivier Giroud. The Ox menggiring bola ke depan gawang kotak penalti dan melepas tembakan yang tak bisa dihentikan Speroni.

Hingga laga berakhir, skor 2-0 untuk keunggulan Arsenal tetap tak berubah. Hasil itu membuat Arsenal untuk sementara menjadi pemuncak klasemen Premier League dengan 55 poin. Posisi ini akan tergusur seandainya Manchester City mengalahkan Chelsea besok.

Statistik Arsenal - Crystal Palace
Penguasaan bola: 73% - 27%
Shot (on goal): 11 (6) - 10 (2)
Corner: 6 - 5
Pelanggaran: 9 - 14
Offside: 0 - 3
Kartu kuning: 1 - 2
Kartu merah: 0 - 0

Susunan pemain Arsenal: Szczesny; Mertesacker, Sagna, Monreal, Koscielny; Oxlade-Chamberlain, Arteta, Cazorla, Podolski (Rosicky, 72'), Ozil (Gibbs, 84'); Giroud (Bendtner, 84').

Susunan pemain Crystal Palace: Speroni; Gabbidon, Delaney, Ward, Parr; Jedinak, Dikgacoi, Puncheon, Bolasie; Chamakh (Gayle, 82'), Jerome (Bannan, 57').
sumber : bola.net

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak