Unik, di China Gedung 6 Lantai Dipindahkan Dengan Cara Digeser

Pihak berwenang China memindahkan gedung berlantai enam. Gedung seberat 12.000 ton ini bisa bergeser 38 meter.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Kamis (21/11), gedung ini dipindahkan lantaran pengembang sedikit membutuhkan ruang kosong di wilayah Kota Shanghai, namun tak ingin kehilangan Gedung Zhengguanghe menjadi simbol kota.

Memindahkan bangunan ini belum pernah dicoba. Otoritas memberi waktu setidaknya 20 hari.

Pergeseran ini memerlukan 12 dongkrak pengangkut besar masing-masing berkapasitas 200 ton ditaruh di banyak sisi terutama bagian timur dan selatan.

Gedung Zhengguanghe dirancang oleh arsitek Inggris bernama George Wilson dan selesai pada 1935. Bangunan ini telah menjadi simbol kota dengan gaya arsitektur Britania kuat. Sebelumnya tempat ini merupakan pabrik soda.

Namun bukan ini saja bangunan dipindahkan, sebelumnya pada 2012 sebuah gedung usia 122 tahun seberat 6.200 ton di Kota Zurich, Jerman juga pernah pindah 60 meter lantaran berdiri di atas jalan hendak dibuat lintasan kereta api.

Meski demikian rekor dunia mencatat gedung terberat dipindah secara utuh yakni Gang Fu di tepi barat Jalan Wuzhou, Provinsi Guangxi. "Gedung itu berpindah sejauh 34 meter dan beratnya 15.140 ton. Butuh waktu hampir dua minggu untuk memindahkannya dengan kecepatan 30 sentimeter per jam," rekor dunia menuliskan.
sumber : digali

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak