Ternyata Black Box Pesawat Bukan Kotak Berwarna Hitam Melainkan Oranye

sumber: rudimenulis
Dalam setiap tragedi kecelakaan pesawat, tak pernah lepas dengan yang namanya 'Black Box'. Kenapa demikian? Apa isi black box atau kotak hitam itu?

Sebenarnya black box hanyalah istilah, nama aslinya adalah Flight Data Recorder (FDR) atau Accident Data Recorder (ADR), yaitu alat elektronik yang dapat merekam segala komunikasi antara pilot dengan menara atau operator penerbangan yang berada di darat.

Untuk menjaga agar tidak ikut hancur ketika kecelakaan pesawat, black box dimasukkan ke dalam kotak baja yang kuat. Hingga ribuan kali gaya gravitasi, black box mampu bertahan di laut pada kedalaman 14.000 – 20.000 kaki (4,270 m-6.096 m).


sumber: dunia-astro.blogspot.com
Data-data terakhir sebelum terjadi kecelakaan terekam dalam kotak hitam ini. Sehingga dapat membantu penyelidikan terhadap apa yang menjadi penyebab kecelakaan. Itulah mengapa black box paling dicari di setiap kecelakaan pesawat.

Terlepas dari itu, ada satu hal unik yang membuat kita bertanya-tanya. Kotak yang terkenal dengan sebutan black box itu ternyata tidak berwarna hitam, melainkan berwarna oranye. Kenapa disebut black box atau kotak hitam, padahal warnanya oranye?

Sebenarnya, warna hitam dalam istilah black box itu untuk mengungkapkan makna sesuatu yang mengandung misteri. Kotak yang menyimpan misteri tersembunyi untuk mengungkap penyebab terjadinya kecelakaan. Itulah kenapa disebut black box. Kenapa warnanya oranye? Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.

Penempatan black box ini dilakukan sedemikian rupa sehingga mudah ditemukan. Umumnya terdapat dua unit yang diletakkan pada bagian depan pesawat dan bagian ekor pesawat, yang diyakini merupakan bagian yang utuh ditemukan.

2 Komentar

  1. black box yang sangat unik, biasanya berwarna hitam tapi ini warnanya orange..

    BalasHapus
  2. ION^Q^Q menghadirkan permainan paling menarik
    Anda bisa menikmati permainan Poker & Domino bersama kami
    Untuk info lebih lanjut Add bbm kami *58ab14f5*

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak